Lau Sidebuk-Debuk, wisata alam, ritual dan kesehatan

Oleh : Abdullah Lathif Manjorang

airpanas-karo-press.JPG

Salah satu lokasi pemandian air panas di Desa Semangat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo. (Dok. KAROPress)

Bila masyarakat diSumatera Utaraberbicara objek wisata tentang pemandian air panas, tak pelak lagi arah pembicaraan pasti menujuTamanWisata Alam (TWA) Lau Sidebuk-Debuk. Objek wisata yang satu ini memang tidak asing lagi di telinga wisatawan.

Umumnya, mereka yang sudah berkunjung ke Berastagi sudah memiliki agenda wajib untuk singgah di objek wisata yang terletak di kaki Gunung Sibayak ini, yang berjarak 10 km dari Berastagi, lebih kurang 58 km arah Selatan Kota Medan dan memiliki ketinggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut.

Mataair panas yang muncul melalui retakan dari aliran lava di daerah selatan lereng gunung api Sibayak ini dapat menyembuhkanpenyakit kulitseperti penyakit eksim dan gatal-gatal yang sering dibuat sebagai pengganti mandi sauna. Bahkan penderita penyakit kulit menahun dan sulit disembuhkan, banyak yang mengaku kembali sehat setelah mandi dengan air belerang tersebut.

Pemandian air panas ini ramai dikunjungi wisatawan di hari libur nasional. Puncaknya, pada malam hari. Karena itu banyak diantara pengusaha yang membuka pemandiannya selama 24 jam, meski ada juga diantaranya membatasi waktu kunjungan hingga pukul 24.00 Wib.

Pada waktuwaktu tertentu, di lokasi ini ada kegiatan ritual yang acapkali dilakukan masyarakat penganut kepercayaanKalak Sipemena (animisme-red), seperti erpangir ku lau (mandi ritual dengan air bunga-red). Menurut kepercayaan mereka, hal ini bertujuan untuk membersihkan diri dari rohroh jahat dan membuang kesialan dari tubuh manusia.

Mereka menyebut air bunga denganLau Pangiren yang terdiri dari jeruk purut,rimo malem(jeruk biasa-red) danbunga rampai. Sebelumnya, mereka lebih dulu memberikan persembahan seperti sesajen.

Hal ini bisa dilihat dengan ditemukannya sumur serta kotak-kotak kecil yang dipakai sebagai tempat pemujaan atau sesajen. Berdasarkan kepercayaanKalak Sipemena, kawasan inimerupakan salah satutempat suci dan keramat terbesar bagi penganut aliran kepercayaan orang Karo dan sering dijadikan wisata religi.

Keliru

Namun, masih banyak pembicaraan di tengah-tengah masyarakat yang keliru tentang lokasi pemandian air panas yang satu ini. Banyak yang mengaku mengunjungi Lau Debuk-Debuk, padahal yang mereka datangiDesaSemangat Gunung yang lebih dikenal dengan nama Kuta Raja Berneh, demikian pula sebaliknya.

Desa Semangat Gunung punya banyak sumber mata air panas yang telah dikelola oleh masyarakat setempat sebagai tempat pemandian umum dan memilikitemperatur antara 27-35 derajat Celsius. Sementara Lau Debuk-debuk terletak di Desa Doulu yang dikelola Pemkab Karo dan memiliki 5 buah kolam dengan temperatur yang sama.

Meski secara geografis berada dalam satu kawasan, namun secara administratif terpisahkan menjadi dua wilayah. Desa Daulu masuk wilayah Kecamatan Dolat Rakyat, sedangkan Desa Semangat Gunung menjadi bagian Kecamatan Merdeka. Batas antar desa adalah garis lurus yang membelah lembah tepat menjadi dua.

4 Responses to Lau Sidebuk-Debuk, wisata alam, ritual dan kesehatan

  1. peristiwa says:

    Wow, that’s what I was exploring for, what a material!
    present here at this blog, thanks admin of this web
    site.

  2. Dody "doydan" Yordan says:

    emang. payah tempat wisata di tanah karo. malu kita jadinya. kalah jauh ama manajemen wisata di jawa.

  3. Joshua Ginting says:

    bego tu yg melakukan ritual untuk sinabung dan erpangir. sontoloyo
    .makanya turis pada ga mau lagi berwisata ke Tanah Karo. jorok semua lingkungannya. termasuk Gundaling, bnyak tai kuda, dasar ga tau malu lu pada

  4. kastro says:

    lau debuk debuk mohon direhap,lau debuk debuk tinggal kenangan sekarang tak ada lagi pengunjungnya. Dinas pariwisata tanah karo dan kementrian pariwisata indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: