Anggota DPRD Karo 2014-2019 Resmi Dilantik

Sebanyak 35 anggota DPRD Karo dilantik. (Karopress/Adhif)

Sebanyak 35 anggota DPRD Karo dilantik. (Karopress/Adhif)

KABANJAHE (KaroNews): Sebanyak 35 anggota DPRD Karo resmi dilantik melalui Sidang Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah atau Janji Anggota di Gedung DPRD Karo di Kabanjahe, Rabu (1/10). Pelantikan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Saut Maruli Tua Pasaribu.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Karo periode 2009-2014, Effendy Sinukaban mengatakan, diawal periodenya dihadapkan dengan tugas yang cukup berat dimana terjadi erupsi Gunung Sinabung sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Demikian juga sehari acara sidang paripurna tersebut, Gunung Sinabung kembali erupsi.

“Sehingga nantinya akan menjadi tugas berat bagi anggota dewan periode 2014-2015 mengatasinya serta memperhatikan apa kebijakan yang dapat dilaksanakan bersama pemerintah daerah selaku mitra didalam pemerintahan,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan yang kembali menjadi anggota DPRD Karo 2014-2019 menambahkan, dalam pelaksanaan tugas selama lima tahun terakhir, pihaknya telah bekerja secara optimal disertai rasa tanggung jawab dan sikap kritis dalam menyikapi berbagai kebijakan pihak eksekutif.

“Tugas yang berkaitan dengan penyerapan aspirasi masyarakat oleh dewan, baik yang disampaikan langsung maupun delegasi, maupun kehadiran anggota dewan ke tengah-tengah konstituen telah dijalankan optimal. Puncaknya adalah pada tahun 2013 dimana masyarakat Karo menuntut pemberhentian Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang dikabulkan oleh Mahkamah Agung,” katanya.

Plt. Bupati Karo Terkelin Brahmana, mengharapkan anggota dewan yang sudah dilantik untuk bergandengan tangan dengan Pemkab Karo untuk membangun dan mensukseskan pembangunan dalam mewujudkan masyarakat Karo yang makmur dan sejahtera berbasis pembangunan pertanian dan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa keberadaan lembaga legislatif DPRD telah mengalami pembaharuan dengan ditetapkannya UU Nomor 17 Tahun 2014. Begitu juga dengan ditetapkannya RUU Pilkada menjadi Undang-Undang Pilkada yang menuntut kinerja DPRD yang berkualitas,” tukasnya.

Putri Kena Ukur Karo Jambi Ketua DPRD Karo Sementara

Ketua DPRD Karo 2009-2014 Effendy Sinukaban menyerahkan Palu Sidang kepada Ketua Sementara, Nora Else. (KaroPress/Adhif)

Ketua DPRD Karo 2009-2014 Effendy Sinukaban menyerahkan Palu Sidang kepada Ketua Sementara, Nora Else. (KaroPress/Adhif)

Putri ketiga mantan Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, Nora Else ditetapkan menjadi Ketua Sementara DPRD Karo. Sementara, Wakil Ketua Sementara dijabat Inolia Br Ginting.

Diberikan amanah tersebut, Nora mengaku tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk mempersiapkan pemilihan Ketua DPRD Karo defenitif, penyusunan tata tertib, kode etik dewan, pembentukan fraksi-fraksi dan keanggotaannya serta kelengkapan dewan.

Anggota DPRD Karo periode 2014-2019 didominasi wajah baru, hanya 17 persen dari 35 anggota DPRD Karo yang diisi wajah lama. Berikut nama anggota DPRD Karo yang dilantik. Enam dari PDI Perjuangan, masing-masing Effendy Sinukaban, Martin Luter Sinulingga, Eldy Corona Barus, Iriani, Rolly Bernant dan Lusia br Sukatendel.

Kemudian, enam dari Partai Gerindra, yaitu Edi Wijaya Sembiring, Thomas Joverson Ginting, Ingan Amin Barus, Junita Br Sembiring, Inolia Br Ginting dan Edy Suranta Meliala. Partai Demokrat juga ada enam orang, masing-masing Jidin Ginting, Nora Else, Wasit Ginting, Prasetia, Raja Urung Mahesa Tarigan dan Moni Pandia.

Selanjutnya, Lima dari Partai Golkar, yaitu Ferianta Purba, Jun Adi Arief Bangun, Firman Firdaus Sitepu, Amri Tarigan dan Frans Dante Ginting. Empat dari PKPI, yaitu Mansur Ginting, Jon Karya Sukatendel, Sarijon Bako dan Onasis Sitepu.

Kemudian, empat dari Partai Hanura, Freddy Rico Gurning, Herty Delima Purba, Perdata Ginting dan Eva Andriani Br Matondang. Dari PAN ada tiga orang, yaitu Sukamto, Abdi S Depari dan M Rapi Ginting. Sementara, Partai Nasdem diwakili Jaman Sembiring. (kp/reg)

Follow Twitter: @KaroNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: