Gugatan Siti-Sumihar ditolak MK

Siti Aminah Br Perangin-Angin-Sumihar Sagala. (KAROPress/Adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Gugatan pasangan calon bupati-wakil bupati Karo, Siti Aminah br Perangin-Angin-Sumihar Sagala terhadap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo ditolak seluruhnya oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Pasangan nomor urut satu ini menggugat KPUD Kabupaten Karo menggugat KPUD Karo karena menurutnya, ada pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan massif pada putaran II Pemilukada Karo 2010 lalu.

Pasangan yang diusung partai tunggal, PDI Perjuangan ini meminta penetapan hasil Pemilukada Karo lalu dibatalkan. Pasalnya, mereka menilai penetapan pemenang Pemilukada lalu, Kena Ukur Karo Jambi dan Terkelin Brahmana cacat hukum.

Diantara gugatannya adalah bahwa Kena Ukur Karo Jambi Surbakti tidak pernah menyelesaikan pendidikannya atau setidaknya tidak pernah menamatkan pendidikannya di tingkat Sekolah Menengah Atas.

Kemudian, partai pengusung Kena Ukur-Terkelin Berahmana tidak melaporkan dana awal kampanye kepada KPUD saat Pemilu Legislatif 2009 digelar. Parpol tersebut adalah Partai Pemuda Indonesia , Partai Merdeka, PKB dan PNBKI.

Selanjutnya, tentang adanya pertemuan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat se-Kabupaten Karo di salah satu rumah di Jalan Perwira Komplek Perumahan Sibayak Berastagi untuk pemenangan pasangan Karo Jambi.

Namun, MK menilai fakta dan hukum eksepsi terhadap KPUD Kabupaten Karo dan pasangan Karo Jambi-Terkelin Berahmana tidak beralasan dan tidak terbukti menurut hukum, seperti yang dilansir di situs resmi Mahkamah Konstitusi, Kamis (21/01/2011).

Mengenai Ijazah Kena Ukur Surbakti, sebenarnya sudah pernah dipermasalahkan oleh Riemenda Ginting dan Aksi Bangun dalam perkara nomor Nomor 205/PHPU.D-VIII/2010. Namun, gugatan tersebut juga ditolak oleh MK.

Soal laporan dana awal kampanye yang dipermasalahkan, tidak ada kaitannya dengan tahapan Pemilukada Karo tahun 2010, karena laporan dana awal kampanye sebagaimana dalil permohonan adalah tahapan Pemilu Legislatif tahun 2009.

Sedangkan tentang adanya pertemuan SKP dan Camat Se-Kabupaten Karo dengan pihak termohon, MK menilai hal itu tidak benar sama sekali, bahkan pasangan Karo Jambi sendiri tidak mengetahui dan tidak pernah menerima laporan tentang pertemuan-pertemuan yang dimaksud. (kp/adm)

3 Responses to Gugatan Siti-Sumihar ditolak MK

  1. x says:

    oooooo…..

  2. loise says:

    @siti aminah-sumihar:ngaca dulu dong, dah tua pikun pula.jalan raya tanah karo aja gak bs u atasin gmn memenangkan perkara.makan tu duit haram.
    Hidup MK.(gak perlu pintar yg penting licik)

  3. Anonymous says:

    inilah kebiasaan buruk kita, tidak pernah mau mengakui keunggulan pihak pemenang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: