Kabanjahe (KAROPress)

Animo masyarakat mengikuti putaran kedua pemilihan bupati dan wakil bupati Karo menurun dibandingkan dengan putaran pertama. Hal ini terlihat dari unggulnya golongan Putih alias masyarakat yang enggan memberikan hak pilihnya pada Pemilukada Kabupaten Karo yang digelar, Selasa (21/12) lalu.

Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang berkisar 251.323 orang, hanya 57,71 % persen yang memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan perhitungan suara sah sebesar 145.034 suara ditambah suara tidak sah yang berjumlah 6.093 suara.

Angka ini menunjukkan adanya penurunan partisipasi masyarakat pemilih dari putaran pertama Pemilukada yang mampu menyedot animo pemilih sebesar 66,18 %.

Semakin menurunnya daya tarik memilih di tengah tengah masyarakat Karo ini dinilai tidak terlepas dari munculnya pemikiran akan kurang kapabelnya dua kandidat yang melaju dalam babak final perebutan kursi bupati dan wakil Bupati Karo periode 2010 2015.

Tetapi, saya berharap agar hasil akhir yang kini muncul dapat dimaknai secara demokratis oleh para pihak, baik masyarakat maupun bupati dan wakil bupati terpilih, ujar pengamat sosial dan politik Universitas Sumatera Utara (USU), Wara Sinuhaji, Kamis (23/12/2010).

Dengan kenyataan ini, Wara meminta Karo Jambi dan Terkelin untuk tidak menjaga jarak dengan rakyat. Pasalnya, apabila Karo jambi memilih menjauh, maka pasangan nomor urut 9 ini mesti siap-siap kehilangan kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Karo.

Kita ingatkan kepada Karo Jambi dan wakilnya agar tidak membawa kekuasaan pada segelintir orang dan kepentingan, jadilah bupati yang merakyat, jadikan jabatan bupati yang sebentar lagi akan resmi mereka sandang sebagai titik awal pengabdian kepada rakyat, masyarakat rindu akan itu, pungkasnya. (kp/adm)

One Response to

  1. loise says:

    @karo jambi-brahmana” dengarkan, simak and camkan tu apa yg di ucapkan pengamat sospol USU pak wara sinuhaji. @wara sinuhaji” opini si berekendu mbagas kel artina adi si ngangkaisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: