Pemilukada Karo terindikasi pelanggaran massif

Jakarta (KAROPress)

Perkara sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Kabupaten Karo disidangkan hari ini. Perkara ini diajukan karena dalam pemilu kepala daerah di kabupaten tersebut terindikasi adanya pelanggaran terstruktur dan massif.

“Gugatan kami terhadap pasangan calon nomor 1 dan 9 karena terindikasi adanya politik uang. Selain itu kami menilai adanya pelanggaran terstruktur dan massif,” kata kuasa hukum pemohon Ikhwaluddin Simatupang di Jakarta, Jumat (19/11/2010) malam.

Perkara sengketa PHPU pemilukada Kabupaten Karo ini diajukan oleh klien Ikhwaluddin, yakni pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 Riemenda Ginting dan Aksi Bangun. Dikatakannya, perkara gugatan pasangan ini mendapat dukungan dari pasangan calon lainnya selain nomor urut 1 dan 9.

Ikhwaluddin menyebutkan, pihaknya memiliki bukti terhadap pelanggaran yang kliennya tuduhkan atas pemilukada Kabupaten Karo. Selain adanya penahanan terhadap kartu pemiih dan C6 oleh KPU daerah.

“Dan peristiwa ini banyak terjadi di hampir seluruh kecamatan. Semuanya penyebarannya tersebut terindikasi terstruktur,” kata Ikhwal yang juga mantan Ketua Panwaslu Sumatera Utara ini.

Sehingga dengan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh KPUD serta adanya dugaan politik uang tersebut, pihaknya menuntut untuk melakukan pemungutan suara ulang diseluruh kecamatan. “Dan pemilu ulang tersebut tidak mengikutsertakan kedua pasangan itu,” tandasnya.

Perkara pasangan ini teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan nomor 205/PHPU.D-VIII//2010. Persidangan selanjutnya akan kembali dilakukan pada Senin (22/11) pekan depan dengan agenda pemeriksaan perkara dan saksi. (kp/wol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: