Pemilukada Karo mulai disidangkan di MK

Jakarta (KAROPress)

Seperti tidak ada habisnya sengketa pemilukada di Sumatera Utara. Mahkamah Konstitusi kembali menggelar persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Kabupaten Karo, Jumat (19/11/2010).

Perkara sengketa PHPU pemilukada Kabupaten Karo ini diajukan oleh pemohon pasangan calon bupati dan wakil bupati Riemenda Ginting dan Aksi Bangun. Perkara pasangan ini teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan nomor 205/PHPU.D-VIII//2010.

Pemeriksaan pendahuluan ini masih diawali dengan mendengarkan keterangan pemohon yang dibacakan oleh kuasa hukumnya Ikhwaluddin Simatupang. Setelah mendengarkan keterangan pemohon majelis meminta perbaikan beberapa perkara pembuktian. 

Sidang ini juga kembali dipimpin oleh panel hakim yang biasa memimpin persidangan PHPU dari Sumatera Utara yakni M Akil Mochtar sebagai ketua panel dan dua panel hakim lainnya yakni Hamdan Zoelva dan Muhammad Alim.

Persidangan selanjutnya akan kembali dilakukan pada Senin (22/11) pekan depan dengan agenda pemeriksaan perkara dan saksi. Majelis hakim meminta pihak pemohon untuk menyiapkan nama saksi yang dapat dihadirkan di persidangan berikutnya.

Seperti diketahui pemilukada di Kabupaten Karo berakhir dengan kerusuhan. Beberapa pasangan calon menuding ada pelanggaran dan dugaan suap yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Pemilukada Kabupaten Karo sendiri diikuti oleh 10 pasangan calon yakni nomor urut 1 Siti Aminah br Perangin-angin dan Sumihar Sagala. Pasangan nomor urut 2 Riemenda Jamin Ginting dan Aksi Bangun. Pasangan nomor urut 3 Sumbul Sembiring Depari dan Paham Ginting.  Pasangan nomor 4 Roberto Sinuhaji dan Firman Amin Kaban. Pasangan nomor urut 5 Kol (Purn) Abednego Sembiring dan Sanusi Surbakti.

Pasangan nomor urut 6 Nabari Ginting dan Paulus Sitepu. Pasangan nomor urut 7 Petrus Sitepu dan Kornalius Sembiring. Pasangan nomor urut 8 Muhammad Ramli Purba dan Roni Barus. Pasangan nomor urut 9 Kena Ukur Karo Jambi dan Terkelin Brahmana dan pasangan nomor urut 10 Andi Natanael Ginting dan Fakhri Samadin Tarigan. (kp/wol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: