KPUD Karo : Itu wewenang MK

Kabanjahe (KAROPress)

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo mengaku siap mengikuti sidang perdana perselisihan hasil Pemilukada Karo, yang rencananya akan digelar besok, Jumat (19/11), mulai Pukul 10.00 WIB di tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

Mengenai hasil persidangan, mereka menyerahkan sepenuhnya kepada MK dan tidak mau berandai-andai. Kita lihat saja nanti,karena sepenuhnya merupakan wewenang MK, kata anggota KPUD Kabupaten Karo, Jesaya Jesaya Pulungan, di Kabanjahe, Kamis (18/11/2010).

Dikatakannya, sidang yang akan digelar di MK akan dihadiri, para pemohon, termohon serta pihak terkait lainnya. Hasil sidang tersebut akan diketahui 14 hari sesudah sidang dilakukan.

Jesaya menambahkan, secara umum pelaksanaan Pemilukada Karo, Rabu (27/10) lalu, berjalan dengan aman dan lancar. Hasilnya, dari 10 pasangan calon, dua diantaranya, akan melakukan putaran kedua apabila gugatan Riemenda Jamin Ginting-Aksi Bangun ditolak.

Mereka adalah Siti Aminah-Sumihar Sagala yang memperoleh 30.804 suara (19,49 %) dan Kena Ukur Karo Jambi Surbakti-Terkelin Brahmana, dengan perolehan 25.310 suara (16,01 %).

Sebelumnya, Riemenda Jamin Ginting-Aksi Bangun selaku pemohon yang didampingi kuasa hukumnya, Ikhwaluddin Simatupang, menggugat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo terkait hasil Pemilukada Kabupaten Karo.

Pasangan nomor urut dua yang bergabung dalam tim delapan calon Bupati Karo ini menilai pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Karo cacat hukum dan menuding penyelenggara Pemilukada, mulai dari tingkat KPUD Karo, PPK, PPS diduga tidak melakukan tugasnya dengan baik.

Kornalius Tarigan, salah satu calon Wakil Bupati Karo, mengatakan, permasalahan yang mereka bawa ke MK adalah money politic, eksploitasi pelajar SMP untuk melakukan pemilihan secara berulang-ulang dan penimbunan formulir C6 sebanyak 2459 di Kelurahan Lau Cimba Kabanjahe.

Untuk menguatkan hal ini, kita akan membawa sedikitnya 40 orang saksi dan bukti-bukti pendukung ke Mahkamah Konstitusi, tukasnya. (kp/adm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: