Besok, sidang Pemilukada Karo di MK

Salah satu proses penghitungan suara di TPS di Kabanjahe. (KAROPress/Adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Karo Tahun 2010 dinilai sarat dengan kecurangan. Untuk itu, salah satu pasangan kandidat calon bupati Karo, Riemenda Ginting-Aksi Bangun, membawa hal ini ke Mahkamah Konstitusi.

Informasi dihimpun KAROPress, sidang perdana perselisihan hasil Pemilukada tersebut, rencananya akan digelar, Jumat (19/11/2010), mulai Pukul 10.00 WIB dalam sidang nomor perkara 205/PHPU.D-VIII/2010, dengan agenda PANEL Pemeriksaan Perkara (I).

Riemenda Ginting dan Aksi Bangun selaku pemohon yang didampingi kuasa hukumnya, Ikhwaluddin Simatupang, menggugat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo terkait hasil Pemilukada Kabupaten Karo, Rabu (27/10/2010) lalu.

Pasangan nomor urut dua yang bergabung dalam tim delapan calon Bupati Karo menilai pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Karo cacat hukum dan menuding penyelenggara Pemilukada, mulai dari tingkat KPUD Karo, PPK, PPS diduga tidak melakukan tugasnya dengan baik.

Bahkan, Panwaslu Karo yang seharusnya bisa menyelesaikan masalah justru dinilai lamban dan kurang tegas dalam menindak pelanggaran Pilkada, sehingga merugikan para calon bupati-wakil bupati Karo yang berkompetisi.

Tim Delapan merupakan gabungan delapan calon Bupati-Wakil Bupati Karo peserta Pemilukada lalu, yaitu Riemenda Jamin Ginting-Aksi Bangun, Sumbul SembiringPaham Ginting, Roberto SinuhajiFirman Amin Kaban, Abednego SembiringSanuasi Surbakti, Nabari GintingPaulus Sitepu, Petrus SitepuKornalius Tarigan, Ramli PurbaRoni Barus dan Andy Natanael ManikFahkry Samadin Tarigan.

Kornalius Tarigan, salah satu calon Wakil Bupati Karo, mengatakan, permasalahan yang mereka bawa ke MK adalah money politic, eksploitasi pelajar SMP untuk melakukan pemilihan secara berulang-ulang, penimbunan formulir C6 sebanyak 2459 di Kelurahan Lau Cimba Kabanjahe.

Untuk menguatkan hal ini, kita akan membawa sedikitnya 40 orang saksi dan bukti-bukti pendukung ke Mahkamah Konstitusi, tukasnya. (kp/adm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: