Pasca bentrokan, Kapoldasu tinjau Karo

Kapoldasu, Oegroseno. (KAROPress/Adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Pemberitaan di sejumlah media seputar bentrokan yang terjadi antara aparat kepolisian dan ribuan warga di Desa Peceren Jalan Jamin Ginting, persisnya di depan Hotel Green Garden Berastagi, kemarin, mencuri perhatian Kapoldasu, Oegroseno.

Saya kaget atas bentrokan antara polisi dengan massa setelah membaca berita di media, tadi. Seolah-olah situasi begitu mencekam. Memang kemarin ada sedikit benturan antara petugas Dalmas dan pengunjuk rasa, ujar Oegroseno menjawab KAROPress, di Mapolres Karo, Selasa (02/11/2010).

Dikatakannya, kedatangannya ke Karo untuk melihat secara langsung situasi terakhir pasca rekapitulasi suara KPUD Karo. Setelah melakukan peninjauan di Berastagi dan Kabanjahe, jenderal berbintang dua ini mengakui situasi sudah kondusif dan terkendali.

Kapolda sangat menyayangkan terjadinya bentrokan yang mengakibatkan 6 warga sipil mengalami luka berat, yang empat diantaranya masih menjalani perawatan intensif. Ia mengharapkan kejadian seperti ini jangan sampai terulang.

Jadi sekali lagi, bentrokan antara aparat kepolisian dengan masyarakat tidak perlu terjadi lagi, tukasnya.

Untuk itu, Kapolda menekankan, setelah seluruh tahapan Pemilukada Karo dilangsungkan, pihaknya akan melakukan serangkaian pelatihan kepada personil Pembinaan Masyarakat (Binmas) dalam menangani kerusuhan.

Orang nomor satu di kepolisian Sumut itu juga menyarankan, agar setiap pihak yang merasa tidak puas terhadap penyelenggaraan Pemilukada Karo, untuk menempuh jalur hukum. Kan lebih sportif para calon Bupati Karo yang merasa dirugikan dalam Pilkada di daerah ini ditempuh di tingkat Mahkamah Konstitusi, katanya.

Pantauan KAROPress, sebelumnya, sesaat setelah tiba di Mapolres Karo di Kabanjahe, Kapolda melakukan pertemuan tertutup Kapolres Tanah Karo, Agung Prasetyoko. Selanjutnya, ia dengan mengendarai sepeda motor polisi jenis Harley Davidson meninjau situasi dan kondisi keamanan di Karo. (kp/adm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: