Insiden berdarah warnai Pilkada Karo

BENTROK : Seribuan massa bentrok dengan aparat kepolisian di jalan Jamin Ginting, persisnya di depan Hotel Green garden Berastagi. (KAROPress/Adhif)

BENTROK : Seribuan massa bentrok dengan aparat kepolisian di jalan Jamin Ginting, persisnya di depan Hotel Green garden Berastagi. (KAROPress/Adhif)

Berastagi (KAROPress)

Tahapan Pilkada Kabupaten Karo kembali bergejolak. Kali ini, insiden berdarah pun tak dapat dielakkan saat ribuan masyarakat Karo yang tergabung dalam Rakyat Pro Demokrasi terlibat bentok fisik dengan aparat kepolisian di Jalan Jamin Ginting, persisnya di depan pintu gerbang Hotel Green Garden Berastagi, Senin (01/11/2010).

Akibatnya, puluhan warga sipil pun menderita luka berat, diantaranya Juli Tarigan (25), Jansen Purba (40), Edy Syahputra (21), Maya br Ginting (32), keempatnya warga Desa Suka Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo. Kemudian, Ramon Sinuhaji (48) warga Desa Gajah Kecamatan Simpang Empat dan Herot Sembiring (33) warga Desa Sukajulu Kecamatan Barusjahe.

Korban mengalami luka berat pada bagian kepala dan wajah lantaran terlibat baku hantam dengan aparat kepolisian. Saat ini, korban sudah mendapatkan perawatan secara intensif di RSU Kabanjahe. Sedangkan yang mengalami luka ringan, memilih untuk berobat jalan.

Pantauan KAROPress, insiden ini berawal saat terjadi saling lempar batu antara pengunjuk rasa dan polisi. Petugas secara bertubi-tubi membalas lemparan warga. Letusan senjata api ditembakkan ke udara dan gas air mata turut ditembakkan oleh aparat kepolisian untuk membubarkan massa.

Aparat kepolisian yang berjumlah ratusan orang menjadi beringas dan menyerang massa yang berada di luar pagar dan sepanjang jalan raya. Sebagian warga yang kebetulan hanya melihat peristiwa ini juga menjadi korban. Warga yang berada di rumah sekitar Hotel Green Garden pun turut diseret dan dipukuli secara beramai-ramai oleh aparat kepolisian.

Sementara, di sudut lain, ratusan massa yang diduga mahasiswa yang berasal dari Medan dan mencoba bergabung, diblokir oleh puluhan aparat kepolisian untuk mencegah konsentrasi massa di depan Hotel Green Garden tempat berlangsungnya perhitungan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Karo.

Sejumlah warga turut diamankan Polres Tanah Karo, salah seorang di antaranya Akor Ginting langsung dibawa ke Mapolres Karo untuk dimintai keterangannya terkait peristiwa itu.

Peristiwa ini juga menyebabkan arus lalu-lintas Berastagi-Medan macet total selama berjam-jam. Massa membakar ban di sejumlah titik di sepanjang jalan Jamin Ginting Berastagi. (kp/adm)

2 Responses to Insiden berdarah warnai Pilkada Karo

  1. jhon says:

    berdasarkan kejadian tersebut “LAYAK KAH KEPOLISIAN (POLRES KARO) DI KATAKAN MITRA MASYARAKAT” ?????

  2. Pingback: Puluhan ibu-ibu datangi Mapolres Karo « KAROPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: