Di Sinabung terdengar rentetan senpi

SISIR : Sejumlah aparat Polisi dan TNI menyisir Gunung Sinabung. Saat penyisiran dilakukan terdengar bunyi rentetan senjata api. (KAROPress/Adhif)

Naman Teran (KAROPress)

Bunyi rentetan senjata api terdengar saat Polres Karo bersama TNI AD melakukan penyisiran di Gunung Sinabung kecamatan Naman teran Kabupaten Karo. Di Gunung yang saat ini masih diberlakukan status SIAGA ini diduga masih ada pelatihan ala militer oleh sekelompok orang.

Informasi dihimpun KAROPress, kejadian tersebut saat Polres Karo dipimpin Kapolres, AKBP Agung Prasetyoko bersama Pasi Intel Kodim 0205/TK, Kapten Inf Junaidi dan sejumlah perwira dari Polres Karo dan Kodim 0205/TK menyisir hutan di Gunung Sinabung mulai Pukul 17.30 sampai Pukul 20.00 WIB, Rabu (06/10/2010).

Penyisiran dilakukan di lokasi yang diduga sebagai tempat pelatihan ala militer yang berjarak tiga kilometer dari danau Lau Kawar, yang dimukimi warga. Saat bergerilya menyusuri hutan inilah, pasukan gabungan ini kaget mendengar rentetan letusan senjata api yang belum diketahui siapa pelakunya.

Namun, karena hari mulai malam dan di situasi hutan pun mulai gelap, pasukan kembali turun dan kembali ke markasnya masing-masing sekitar pukul 20.00 wib. Namun, diduga ada kelompok teroris bersenjata yang mengadakan latihan militer di kawasan Gunung Sinabung.

Kapolres Karo, AKBP Agung Prasetyoko, mengatakan, belum dapat merincinya, siapa pelaku letusan senjata api tersebut dan juga belum dapat memprediksi berapa jauh jarak letusan itu dengan tim penyisir saat itu.

“Kita belum tahu, apakah tempat ini tempat persembunyian atau tempat latihan diduga oknum anggota teroris, belum diketahui secara pasti. Yang jelas, sampai saat ini belum ada kita temukan faktanya,” katanya.

Namun, beberapa tanda-tanda dengan potongan dahan kayu ditemukan di tengah hutan dan sudah diamankan. Dahan itu dibuat seperti penunjuk arah. Ini sudah kita amankan dan beberapa bungkusan plastik tempat makanan juga kita amankan, katanya.

PENUNJUK ARAH - Kapolres Karo, Agung Prasetyoko, saat memperlihatkan ranting kayu yang diduga sebagai penunjuk arah. (KAROPress/Adhif)

Dengan terjadinya serentetan letusan senjata api ini, di wilayah Gunung Sinabung ini, sepertinya benar-benar sudah ada oknum-oknum teroris. Jadi langkah kita akan melakukan system police in village bersama TNI, pemerintah daerah setempat dan seluruh perangkat desa, pungkasnya.

Penyisiran ini dilakukan setelah adanya info dari masyarakat dan turis mancanegara, saat mereka mendaki gunung Sinabung, Selasa (5/10) pagi, terkejut mendengar beberapa letusan senjata api saat mereka berada di kawasan hutan Sinabung.

Pelin Pelawi, mengutip pengakuan Hendri Ginting, guide turis asal Perancis dan Belanda itu, bahwa Selasa (5/10), sekembali dari gunung Sinabung di kantin danau Lau Kawar, mengakui ada beberapa kali terdengar letusan senjata api saat dia bersama tiga itu mencoba mendaki gunung Sinabung. (kp/adm)

2 Responses to Di Sinabung terdengar rentetan senpi

  1. Sitepu Caro (via facebook) says:

    Benar ada tembakan di gunung sixabung?

  2. Ryval Charo (via facebook) says:

    hajar trz,buru trz..siksa trz dn musnahkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: