Sinabung masih berstatus AWAS

Status gunung Sinabung masih AWAS. (KAROPress/Adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Sepekan menjelang berakhirnya masa tanggap darurat, Gunung Sinabung masih berstatus AWAS. Tercatat, Jum’at (17/09/2010), hingga pukul 12.00 WIB tadi, terekam 16 kali gempa Vulkanik, 2 kali gempa hembusan dan gempa Tremor menerus dengan amplituda dominan 2.5 mm.

Informasi yang dihimpunKAROPress dari media center posko utama penanggulangan bencana Sinabung di pendopo rumah dinas Bupati Karo, Jum’at (17/09/2010) menyebutkan, gunung setinggi 2460 meter ini ditutupi kabut, cuaca mendung dan aktivitasnya sendiri belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Sementara, jenis gempa vulkanik dan getaran tremor vulkanik masih terekam secara signifikan. Pengukuran deformasi secara umum relatif masih terjadi penggembungan (inflasi). Namun, tidak terdeteksi adanya gas-gas yang berbahaya pada jarak sekitar 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Untuk itu, Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas dalam radius 6 km dari kawah aktif tetap diungsikan ke tempat yang aman.

Sementara, masyarakat yang berada diluar radius 6 km agar kembali ketempatnya masingmasing. Jika terjadi hujan abu cukup deras, agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung dan mulut serta menutup sumber air untuk keperluan minum.

Khusus untuk masyarakat yang bermukim di bantaran sungai berhulu di puncak Sinabung, diminta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bahaya sekunder berupa banjir lahar karena saat ini wilayah sekitar Sinabung sering diguyur hujan. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: