BNPB : Tim penanganan Sinabung kurang koordinasi

Kabanjahe (KAROPress)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Syamsul Ma’arif, menyoroti kinerja tim penanggulangan bencana Gunung Sinabung yang menurutnya tidak tanggap dan kurang koordinasi.

“Penanganan tanggap darurat Gunung Sinabung kurang koordinasi, setiap tim tidak tahu tugas dan fungsinya secara jelas dan berjalan sendiri-sendiri dan hasil yang dicapai tidak maksimal,” tukas Maarif di posko utama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kamis (16/09/2010).

Dikatakannya, hal ini harus segera diatasi untuk melindungi puluhan ribu pengungsi. Ia menekankan, perlunya kekompakan tim penanggulangan bencana Gunung Sinabung dalam penanganan bencana di lapangan.

“Jangan berjalan dan bertindak sendiri-sendiri tanpa adanya koordinasi satu sama lain. Berikan rasa percaya rakyat dalam penanganan bencana, hilangkan ego sector,” tukasnya.

Pernyataan tersebut dikatakannya setelah mendapatkan jawaban berbeda dari sekda, kapolres, dandim dan tim lainnya, saat menanyakan tentang jumlah pengungsi secara akurat.

“Disinilah tim penanggulangan tanggap darurat Gunung Sinabung berjalan sendiri-sendiri, tidak ada keakuratan informasi sesama tim. Dandim, Kapolres dan Sekda harus berkoordinasi, jangan berjalan sendiri-sendiri,” katanya.

Ia juga menyoroti media center infokom yang sama sekali tidak berjalan secara maksimal sesuai dengan fungsinya, sehingga informasi setiap enam jam sekali tidak sampai ke masyarakat secara utuh khususnya pengungsi.

“Media Centre Infokom seharusnya menyampaikan pemberitahuan selama enam jam setiap hari lewat radio dan penyampaian lewat mikrofon berkeliling kota soal situasi dan kondisi Gunung Sinabung. Saya minta kinerja semua tim yang terlibat harus diperbaiki mulai sekarang,” pungkasnya.

Sebelumnya kehadiran Syamsul Maarif, beredar pesan singkat dari Kabid Humas Pemkab Karo, Jhonson Tarigan kepada wartawan yang meminta agar penyataan Syaiful Maarif bukan untuk konsumsi publik.

“Sorry bos keterangan dari pihak BNPB rapat ini belum untuk konsumsi publik, hal-hal lain kita bicarakan nanti, mohon maklum ya,” kata Jhonson melalui pesan singkatnya.

Kadis Kesbang Linmas Pemkab Karo, Suang Karo-Karo, yang dihubungi melalui telepon selulernya, membantah hal tersebut. “Tidak ada larangan kepada wartawan untuk meliput kehadiran Syamsul Maarif di Posko Utama dan Sekda Makmur Ginting yang telah menegur Kabid Humas,” katanya. (kp/reg)

One Response to BNPB : Tim penanganan Sinabung kurang koordinasi

  1. Ruth Brahmana (via fb) says:

    jngn main2 dong ama nyawa manusia,,,klo memng rsu k.jahe,,,kurng layak,,,knp ga d over aj k mdn,,d sana pasilitas lebih memadai…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: