SINABUNG MELETUS : Wisatawan tetap kunjungi Berastagi

Berastagi (KAROPress)

Walaupun kondisi Gunung Sinabung belum sepenuhnya dalam kondisi yang aman dan berstatus AWAS, namun hal ini tidak mengurungkan niat wisatawan domestik untuk berkunjung ke salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) Berastagi.

Pantauan KAROPress, Senin (13/09/2010), puncak Gundaling di Berastagi padat dikunjungi wisatawan domestik, dari Medan, Binjai, Deli Serdang dan Simalungun. Meski pengakuan sejumlah warga setempat, kedatangan wisatawan menurun dibandingkan Idul Fitri tahun lalu.

Sementara, tingkat hunian hotel berbintang untuk menginap dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat pun meningkat dibanding hari libur biasa. Pesanan hotel, sehari sebelum lebaran telah penuh dibooking. Hingga malam ini masih penuh, ujar Esty, resepsionis Hotel Mikie Holiday Berastagi.

Esty sendiri mengakui, pihaknya tidak menjadikan Gunung Sinabung sebagai ancaman. Pasalnya, meski sudah meletus enam kali, yang menyemburkan debu vulkanik, namun tidak menyebabkan adanya jatuh korban jiwa.

Rumah yang rusak saja tidak ada. Apalagi terhadap warga Berastagi yang jaraknya jauh dari Sinabung, saya yakin Berastagi aman-aman saja. Buktinya, kalau Berastagi tidak aman, mana mungkin sebagian para pengungsi ditampung di Jamburtaras Desa Rumah Berastagi, tuturnya.

Senada dengan Esty, hal yang sama juga dikatakan Ida, resepsionis Hotel Grand Mutiara dan Rizky, resepsionis Hotel Sibayak Internasional Berastagi serta Randa dan Edy reseption Hotel Sinabung Resort.

Randa menambahkan, ketidakkhawatirannya ditambah saat sejumlah anggota Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menginap di hotel itu dan sempat menitip pesan bahwa kondisi Gunung Sinabung tidak terlalau mengkhawatirkan.

Disamping itu, ternyata ada delapan wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Karo hanya untuk menyaksikan letusan gunung tertinggi di Sumatera Utara ini. Mereka menginap di hotel kita, khusus untuk menyaksikan Gunung Sinabung, kata Randa. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: