10 pasang calon Bupati Karo ditetapkan

Kabanjahe (KAROPress)

Setelah sempat tertunda, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, akhirnya menetapkan sepuluh pasangan calon bupati dan wakil bupati Karo yang akan mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karo, 27 Oktober mendatang.

“Dari 13 pasangan yang mendaftar, sepuluh pasangan calon bupati-wakil bupati ditetapkan mengikuti tahapan pemilihan karena sudah memenuhi persyaratan setelah dilakukan verifikasi administrasi,” kata Ketua KPUD Kabupaten Karo, Benyamin Pinem, dalam konfrensi pers yang digelar di kantornya, Kamis (02/09/2010) malam.

Kesepuluh pasangan calon bupati Karo tersebut adalah, Kena Ukur Surbakti-Terkelin Brahmana yang memiliki enam kursi. Pasangan ini diusung PKPB, PKPI, Partai Gerindra, PPIB, PNBKI, PKB, PPI, PBB, Partai Buruh dan Partai Merdeka.

Kedua, pasangan Abed Nego Sembiring-Sanusi Surbakti yang maju dari perseorangan dengan memiliki 18.919 orang. Kemudian, pasangan Sumbul Sembiring-Paham Ginting, diusung PIS dan PAN yang memiliki enam kursi di DPRD Karo.

Pasangan keempat adalah pasangan M Ramli Purba-Rony Barus. Pasangan ini diusung Partai Barnas, Partai Patriot, Partai Pelopor, PPRN, PKS dan PPP yang total suara sah 25.274 orang. Pada pendaftaran, M. Ramli Purba berpasangan dengan Aries Eklesia Sebayang.

Pasangan kelima, pasangan Riemenda Ginting-Aksi Bangun, yang diusung Partai Demokrat, PDK dan PPPI yang totalnya memiliki enam kursi. Selanjutnya, pasangan Roberto Sinuhaji-Firman Amin Kaban, maju dari perseorangan dengan memiliki jumlah suara sah 18.669 orang.

Pasangan ketujuh, Andy Natanael Ginting-Fakhry Samadin Tarigan. Pasangan ini juga maju dari jalur perseorangan dengan jumlah suara sah 19.794 orang. Kedelapan, pasangan Siti Aminah br Perangin-Angin-Sumihar Sagala yang diusung PDI Perjuangan yang memiliki tujuh kursi.

Pasangan kesembilan, Petrus Sitepu-Kornalius Tarigan, maju dari jalur perseorangan dengan jumlah suara sah 19.480 orang. Terakhir, pasangan Nabari Ginting-Paulus Sitepu yang diusung Partai Golkar, Partai hanura dan Partai Republikan yang memiliki enam kursi di DPRD Karo.

Sementara, tiga pasangan yang tidak lolos ke tahapan pemilihan adalah pasangan Jadiaman Peranginangin-Kornelus Sembiring yang maju dari jalur perseorangan. Pasangan ini hanya memiliki suara sah 13.668 orang dari jumlah minimal 16.443 orang.

Pasangan dari parpol yang gagal maju ke tahapan pemilihan adalah pasangan Robert Valentino Tarigan-Saymarantha Suceprilias. Dari hasil verifikasi, KPUD Karo, salah satu parpol pengusung, PPRN tidak memenuhi syarat. Sehingga jumlah suara yang mengusung pasangan ini hanya 20.222 dari jumlah minimal 24.226 suara sah.

Selanjutnya, pasangan Persadaan Girsang-Immanuel Ginting Munthe juga gagal melenggang ke tahapan pemilihan. Pasalnya, kedelapan parpol pendukung pasangan ini, yaitu Partai Barnas, PDS, Partai Pelopor, PNI Marhaenisme, PKDI dan PDP, tidak satupun yang memenuhi syarat. Sehingga, pasangan ini tidak memiliki suara sahnya.

Pencabutan nomor untuk kesepuluh pasangan yang maju ketahapan selanjutnya akan digelar besok, Jumat (3/9), sekitar Pukul 10.00 WIB di Green Garden Hotel Berastagi. (kp/reg)

5 Responses to 10 pasang calon Bupati Karo ditetapkan

  1. dodo amri says:

    pilih lah calon bupati yang punya visi dan misi tuk memajukan tanah ,jgnmemilih di karenakan uang recehan….

  2. Hendri Daud Ginting Suka, AK., MSi., CCSA. says:

    Kita harapkan pemilihan umum kepala daerah kab. Karo berjalan dengan jujur, adil, dan aman. Jangan sampai terjadi kekisruhan dan kekacauan. Yang menang dapat mengayomi dan melaksanakan amanah dan janji visi misinya dan merangkul dan memberdayakan semua potensi masyarakat yang ada (termasuk kandidat yang kalah). Demikian juga calon bupati yang kalah dapat berjiwa besar dan ksatria megakui kekalahannya dan kembali bekerja bersama-sama dangan Pemenang serta dengan sungguh-sungguh dan profesional memajukan tanah karo yang sama-sama kita cintai. Jangan sampai yang kalah tidak bisa menerima hasil Pilkada, menuduh sana-sini curang, memobilisasi masa, demo dan lain sebagainya yang kontraproduktif dan menimbulkan antipati bagi masyarakat (bukan simpati). Lebih baik mempersiapkan diri kembali untuk pertarungan periode berikutnya. Sada ngenca siterpilih jadi Bupati/Wakil Bupati, tapi kerinamin kita jadi si Pemenang.

  3. Petrus Sembiring Kembaren says:

    Harapan kita sebagai putra/putri tanah karo tentu proses pemilihan ini dapat berjalan dengan baik, tidak ada keributan maupun kekerasan, semua pasangan calon hendaknya taat mengikuti aturan yang ada serta pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggara pemilihan (KPUD) juga berlaku konsisten terhadap aturan yang valid dan memberikan treatment yang sama terhadap seluruh pasangan calon. Bagi setiap pasangan juga harus ingat bahwa hanya satu pasangan yang akan menjadi pemenang yang artinya ada sembilan pasangan yang akan ditunda kemenangannya di kesempatan lain (kalah). Oleh sebab itu jangan terlalu banyak menghambur-hamburkan uang sebab peluang kalah (90%) jauh lebih besar dari peluang menang (10%) jika kita lihat dari jumlah calon pasangan. Jadi setiap pasangan calon jangan hanya menyiapkan mental sebagai pemenang tetapi juga harus siap mental menerima kemenangan calon pasangan lain.
    Bagi sipemenang kelak, kiranya benar-benar melaksanakan visi&misi yang sudah sering didengung-dengungkan. Lihat Tanah Karo kita, sebenarnya sudah jauh ketinggalan dari daerah-daerah lain di Indonesia, Air bersih saja di kota Kabanjahe masih 2-3 hari sekali baru mengalir padahal Laudah mengalir dengan deras setiap hari dipinggirnya, jalan-jalan lintas kesegala arah sempit dan rusak parah, Kemacetan kota semakin hari semakin tidak jelas, penggantian pejabat yang teramat sering, penerimaan CPNS yg selalu menyisakan masalah, harga pupuk/obat-obatan dan nilai jual budidaya masyarakat yang belum menguntungkan (rugi) dan masih banyak lagi yang lainnya.
    Jadilh peminpin yang bijaksana yang takut akan Tuhan, yang berjiwa melayani/mengabdi/menghambakan diri bagi rakyatnya, memajukan daerahnya bukan sebaliknya.
    Mejuah-juah,

  4. sitepu says:

    Tolong diralat Robert Valentino Tarigan tidak masuk bukan karena PNI tetapi karena PPRN.

    KAROPress
    Terima kasih koreksinya Pak Sitepu.

  5. danny tarigan sh,msc says:

    Kasihan mereka ini dalam kondisi sekarang harus bersaing. masyarakat hanya membutuhkan uang cash guna menanggulangi penderitaan dengan meletusnya gunung sinabung. dan mereka mengharapkan yang datang tidak hanya 10 pasang tapi kalau bisa 100 pasang sehingga dengan salam tempel 10 ribu mereka dapat mengumpulkan 1 juta, lumayan kan. dan para kandidat ini akan bertempur terus mewujudkan ambisi serta cita cita membangun kuat kemulihen. hampir setahun kami menawarkan agar para kandidat jalan bersama dan kampanye bersama, muncul 5 pasang setiap kamapanye. sebelumnya cv mereka telah disebar luaskan katakan 50 ribu explar sehingga setiap rumah di tanah karo memiliki dan menyimak. setiap muncul jadikan sebagai suasana pesta diiringi keyboard dan makan yang ditanggung bersama. dengan 2 x putaran masyarakat mengetahui visi dan misi mereka dan tinggal mereka menentukan pilihan.
    tidak ada istilah bagi bagi duit, karena dana kampanye dikumpulkan pada satu tim pemilu untuk semua dan sisa biaya kampanye dijadikan modal pendirian bank aron yang kelak merupakan potensi dahsyat membangun ekonomi tanah karo dan karo.biayanya tak lebih 10 m sedang dengan cara sekarang tiap kandidat telah siap siap dengan dana sejumlah itu yang natinya akan menjadi sia sia. kalau mereka jalan bersama maka pilkada dimulai denga kebersamaan dan tak ada yang kalah, tapi 1 pasti menang namun kedepan mereka bergandengan tangan membangun taneh karo simalam. namun sekarang semua sudah terlambat dan biarkan mereka berkampanye sambil menikmati abu gunung sinabung yang pada saatnya kelak akan sangat bermanfaat menyuburkan kembali tanah karo yang selama puluhan tahun telah menangis karena tak pernah berhenti dicangkul dan ditanami. Palu gendangnta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: