Karo jangan hanya bergantung pada alam

Berastagi (KAROPress)

Meski memiliki potensi daerah yang sangat tinggi, Kabupaten Karo tidak dapat selamanya bergantung dari kondisi alam. Daerah ini harus mempercantik pesona wisatanya dengan sentuhan masyarakat dan pemerintah lewat pembangunan sarana pendukung.

“Meski lebih cantik dan indah dibandingkan Swiss, namun daerah ini perlu disolek untuk mempercantik pesona wisatanya. Jika tidak, potensi itu akan tergerus dengan zaman dan tidak berkembang kemanapun,” ujar Andreas Sitepu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Papua Nugini dan Kepulauan Salomon, di Greeen Garden Hotel Berastagi, Senin (23/08/2010).

Dikatakannya, dalam perkembangannya, daerah ini butuh pendirian beberapa lembaga sosial yang ditujukan sebagai wadah dan media bagi banyak putra asal Karo baik yang berdomisili di dalam negeri maupun manca negara dalam memberikan apresiasi dan bantuan mereka terhadap perkembangan Kabupaten Karo.

“Lembaga itu perlu, agar ada tujuan dari kawan-kawan memberikan bantuan mereka dan sebaliknya kita juga tahu akan kebutuhan disini (Karo),” ujarnya.

Dalam acara syukuran atas pelantikannya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Papua Nugini dan Kepulauan, Salomon kemarin setelah dilantik pada 10 Agustus 2010 lalu di Istana Merdeka, Jakarta oleh Presiden SBY ini, Andreas menerangkan kalau jabatannya ini merupakan amanah yang cukup besar bagi dirinya dan masyarakat Karo secara umum.

“Setelah 36 tahun lalu, baru sekarang lagi ada Duta Besar yang berasal dari daerah ini. Tentu ini sebuah ekspektasi yang terbilang tak banyak saya duga, karena setelah menjalani fit and proper test di DPR, baru ada bayangan kalau pada akhirnya dapat menjadi wakil bangsa di Negara orang lain,” katanya.

Ayah dari tiga orang anak ini juga menjelaskan kalau ke depan dalam penugasannya di Papua Nugini ia harus berhadapan dengan isu seputar Separatis dan arus perjalanan atau migrasi masyarakat dari wilayah Indonesia ke Papua Nugini. Namun, sebagai seorang diplomat pria yang pernah bertugas di Nairobi Kenya, Manila Filipina, Paris Perancis dan berbagai jabatan di dalam negeri ini mengaku siap sebagai Duta bangsa. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: