Dualisme dukungan di balon Bupati Karo

Kabanjahe (KAROPress)

Sebanyak 13 pasangan bakal calon (balon) Bupati Karo resmi mendaftar ke KPUD Karo setelah masa pendaftaran berakhir. Namun, yang patut menjadi perhatian saat adalah terdapat dualisme dukungan partai politik (parpol) pendukung balon bupati.

Hal yang kian mencengangkan saat pasangan Persadaan GirsangImanuel Ginting Munthe mendaftar ke KPUD Karo di 30 menit menjelang pendaftaran berakhir. Pasalnya, 7 dari 8 partai pendukung pasangan ini juga telah memberikan dukungan kepada 4 balon sebelumnya.

Pasangan ini didukung oleh PPPI yang memiliki 3 kursi di DPRD Karo, Partai Barnas, PDS, Partai Pelopor, masing-masing 1 kursi serta partai non kursi, PNI Marhaenisme, PKDI, Partai Buruh dan PDP yang total keseluruhannya 32.147 suara sah.

Dualisme dukungan ini menimbulkan berbagai opini. Bahkan diprediksikan, sesuai dengan ketentuan KPU, apabila dukungan terhadap Persadaan Imanuel yang sesuai dengan peraturan, maka akan mengancam pencalonan tiga pasangan yang telah terdaftar sebelumnya. Siapakah mereka?

Robert Valentino-Saymarantha Suceprilias, yang diusung 8 Parpol dengan jumlah 24.227 suara sah. Sesuai ketentuan, balon kepala daerah-wakil kepala daerah di dukung perolehan suara Parpol minimal 15 persen dari jumlah suara sah hasil Pemilu legislatif lalu berjumlah 161.504 suara sah atau 24.226 suara sah.

Sementara, salah satu parpol yang mengusung pasangan Robert-Saymarantha adalah Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) yang memiliki 1821 suara sah. Apabila PDP menyatakan dukungannya kepada pasangan Persadaan-Imanuel, maka Robert-Saymarantha akan gagal.

Pasangan yang paling terancam adalah Ramli PurbaAries Eklesia Sebayang. Pasalnya, dari 8 partai pengusungnya dengan jumlah suara 29.443 suara, empat diantaranya juga mendukung PersadaanImanuel.

Keempat parpol tersebut, masing-masing, Partai Barnas yang memiliki satu kursi di DPRD Karo, Partai Pelopor satu kursi serta partai non kursi PKDI dengan 2.348 suara dan PDP 1.821 suara yang total keempatnya 15.289 suara.

Selain itu, ini juga mengancam pasangan Riemenda GintingAksi Bangun, yang disung 3 parpol, yaitu Partai Demokrat, PDK dan PPPI, masing-masing memiliki 2 kursi di DPRD Karo dengan total suara sah 23.401 suara. Pasangan ini mengandalkan dukungan minimal 6 kursi.

Namun, satu partai diantaranya, yaitu PPPI yang memiliki dua kursi dengan 6.710 suara sah juga mendukung pasangan PersadaanImanuel.

Kemudian, Partai Buruh yang juga mengusung pasangan Kena Ukur Surbakti-Terkelin Brahmana. Tetapi, walau pun nanti Partai Buruh memberikan dukungannya secara penuh kepada pasangan PersadaanImanuel, hal ini tidak berpengaruh besar terhadap pencalonan Kena Ukur-Terkelin.

Pasalnya, Kena Ukur, yang akrab disapa Karo jambi ini hanya akan mengalami pengurangan suara karena telah didukung 32.763 suara dengan 10 partai pendukung. Sedangkan, kontribusi Partai buruh hanya 1.049 suara.

Sebaliknya juga, terlepas dari keempat balon tersebut, apabila dukungan parpol terhadap pasangan Persadaan-Imanuel tidak sesuai dengan ketentuan, maka pasangan ini otomatis gugur. Karena, hanya tinggal satu partai yang mendukungnya yaitu PNI Marhaenisme.

Mengenai hal ini, pihak Persadaan-Imanuel seperti sudah mengantisipasinya. Hal ini terlihat, dalam upaya mereka meyakinkan KPUD Karo, pasangan ini memboyong pengurus DPP, seperti Sekjen Partai Barnas, Steven Rumongkang, Sekjen PPPI, Syarif Hidatulloh, Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PKDI, F. Siagian dan Ketua Bidang Pengerahan Massa Frans Daloves.

Sementara, belum diketahui secara pasti keabsahan dukungan dari parpol tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. Pasalnya, KPUD Karo masih akan mengadakan verifikasi mulai 9 hingga 14 Agustus mendatang. (reg/kp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: