Balon Bupati Karo 13 pasang!

Kabanjahe (KAROPress)

Pendaftaran bakal calon (balon) Bupati-Wakil Bupati Karo resmi ditutup dinihari tadi pada pukul 00.00 WIB. Sebanyak 13 balon terdaftar di KPUD Karo, yang 8 diantaranya diusung oleh partai politik (parpol). Sementara, sisanya dari jalur perseorangan.

Pasangan Persadaan Girsang-Immanuel Ginting Munthe merupakan pasangan penutup yang mendaftar di KPUD Karo. Mereka datang bersama ratusan massanya yang datang dari lintas etnis 30 menit sebelum pendaftaran ditutup.

Mereka diusung oleh 8 parpol, yaitu PPPI memiliki 3 kursi di DPRD Karo, Partai Barnas, PDS, Partai Pelopor, masing-masing 1 kursi serta partai non kursi PNI Marhaenisme, PKDI dan PDP. Total suara kedelapan parpol tersebut adalah 32.147 suara.

Pasangan Persadaan Girsang-Immanuel Ginting Munthe merupakan pasangan penutup yang datang pukul 23.30 WIB. Jadi, ada 13 pasangan yang mendaftar menjadi balon Bupati Karo, ujar ketua KPUD Karo, Benyamin Pinem, di Kabanjahe, Jum’at (06/08/2010).

Dikatakannya, selanjutnya, pihaknya akan memverifikasi dan meneliti dokumen-dokumen yang diserahkan ketiga belas balon bupati dan wakil bupati tersebut. Sementara, penetapan calon Bupati Karo akan dilakukan pada Senin (23/8) mendatang.

Sementara sebelumnya, Kena Ukur Surbakti-Terkelin Brahmana merupakan pendaftar pertama yang datang pada,Sabtu (31/7) sore. Pasangan ini diusung PKPB, Partai Gerindra, PKPI, PIB, Partai Merdeka, Partai Buruh, PPIB, PNBK, PKB, PPI, PBB dan Partai Merdeka, di antaranya memiliki 6 kursi di DPRD Karo dan partai non kursi di DPRD dengan total suara sah 32.763 suara,

Kemudian, pasangan Robert Valentino TariganSaymarantha Suceprilias, pada Minggu (1/8). Pasangan ini didukung Partai Damai Sejahtera (PDS) yang memiliki satu kursi di DPRD Karo serta parpol non kursi, diantaranya PPRN, Partai Karya Perjuangan, PPD, Partai Kedaulatan, PPDI, PDP, PBR, PMB dan Partai Serikat Indonesia (PSI), sehingga jumlah suara sah 24.457.

Keesokan harinya, pasangan Abednego Sembiring-Sanusi Surbakti dari jalur perseorangan dengan dukungan 14.166 KTP pemilih. Namun dukungan tersebut masih kekurangan minimal 2.677 KTP pemilih untuk memenuhi persyaratan sebagai calon.

Dihari yang sama, menyusul pasangan Sumbul Sembiring-Paham Ginting yang didukung dua parpol yang memiliki 6 kursi di DPRD Karo, yakni Partai Indonesia Sejahtera yang memiliki 3 kursi dan Partai Amanat Nasional 3 kursi, dengan jumlah suara sah 13.819 suara.

Kemudian, Ramli PurbaAries Ekelesia Sebayang, yang diusung 8 parpol yang diantaranya memiliki 3 kursi di DPRD Karo. Parpol tersebut adalah Partai Barnas, Partai Patriot, Partai Pelopor, ketiganya memiliki satu kursi di DPRD Karo, serta PPRN, PKS, PKDI, PPP dan PDP. Jumlah suara sah 29.443 suara.

Pasangan Riemenda Br Ginting Aksi Bangun menyusul mendaftar yang diusung 3 Parpol yang memiliki 6 kursi di DPRD Karo, yakni Partai Demokrat, PDK dan PPPI, masing-masing memiliki 2 kursi di DPRD Karo. Jumlah suara sah 23.401 suara.

Pada siang, pasangan Siti Aminah Br Perangin-anginSumihar Sagala mendaftarkan diri KPUD Karo. Pasangan ini diusung partai tunggal, PDI Perjuangan dengan jumlah 7 kursi di DPRD Karo dan memiliki jumlah suara sah 22.012 suara.

Selanjutnya, mendaftar pasangan Roberto Sinuhaji-Firman Amin Kaban dari jalur perseorangan yang didukung 14.449 KTP pemilih. Namun, dukungan ini belum mencukupi dan mesti menambah sedikitnya 2.394 dukungan.

Pasangan Andi Natanail Ginting Manik-Fakhry Samadin Tarigan yang juga dari jalur independen dengan dukungan 12.927 KTP pemilih. Pasangan ini juga mengalami kendala serupa, kekurangan 3.916 KTP pemilih.

Sementara, pada Kamis (5/8) kemarin, pasangan Petrus Sitepu-Konalius Tarigan yang juga dari jalur perseorangan dengan dukungan 14.108 KTP pemilih juga masih kekurangan 2735 KTP pemilih.

Kemudian, dihari yang sama disusul pasangan Nabari Ginting-Paulus Sitepu yang diusung partai Golkar yang memiliki 4 kursi serta partai Hanura dan Republikan yang masing-masing memiliki satu kursi di DPRD Karo.

Balon bupati kedua belas yang mendaftar adalah pasangan Jadiaman Peranginangin-Kornelus Sembiring dari jalur perseorangan dengan dukungan 6.499 KTP pemilih. Pasangan ini masih kekurangan 10.344 KTP pendukung. (kp/reg)

2 Responses to Balon Bupati Karo 13 pasang!

  1. Ermandto says:

    Harapan dan pinta kami sebagai Rakyat Kecil (Wong Cilik) tidak muluk- muluk yakni :”Kewajiban seorang Pemimpin adalah melayani rakyatnya. Ketika rakyatnya mengalami kesulitan maka pemimpin harus segera melepaskan mereka dari kesulitan tsb. Seorang pemimpin harus lebih mengutamakan rakyatnya dibanding dirinya sendiri dan kroninya. Ia tdk layak hidup bermewah-mewah sedangkan rakyatnya sengsara.Ia tdk pantas tidur nyenyak sementara rakyatnya sulit tidur karena perut keroncongan/kelaparan. Filosopi Pemimpin yg sejati adalah pelayan Masyarakat.Ia hrs berusaha bagaimana agar rakyatnya bisa Sejahtera”.Ingat ingat!! Menjadi pemimpin di Dunia pertg.jawabannya akan diminta Tuhan/Dibata kelak di Akhirat. Banyak permasalahan yg harus dituntaskan di Tanah Karo.Kalau sudah berani mencalonkan diri sebagai kandidat harus konsekuwen dgn Janjinya saat kampanye visi dan misinya. Contohnya ;masalah Air bersih di Kabanjahe saja dari jaman Merdeka sampai sekarang masih belum ada Bupati yang sanggup menuntaskannya..Bagaimana mau urus rakyat kalau satu masalah ini saja tdk dpt ditanggulangi.????

  2. gelora ginting says:

    luarbiasa antusiasme masyarakat Karo untuk mengikuti pesta demokrasi.Kiranya KPUD Karo dapat bekerja maksimal agar yang terpilih nantinya memang betul-betul terbaik dari yang terbaik, memenuhi syarat dan bebas dari gugatan . Sehingga tidak terjadi pilkada ulang seperti yang sudah terjadi di kabupaten lain……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: