Terimpit utang, petani jagung nekad tanam ganja

Barusjahe (KAROPress)

Perlu uang untuk membayar utangnya yang kian menumpuk saat mengobati istrinya yang sakit, seorang petani jagung berinisial TS (46) warga desa Tanjung Barus kecamatan Barusjahe kabupaten Karo, nekad menanam ganja di perladangan jagung miliknya.

Namun, TS berhasil diciduk polisi saat menjual barang haram tersebut di dekat rumahnya, Selasa (27/07/2010). Ia selanjutnya digelandang ke Mapolres Karo untuk menjalani pemeriksaan dan pengembangan tentang keberadaan ganja yang dimiliki pria duda beranak dua ini.

Informasi dihimpun KAROPress, Polres Karo berhasil mengungkap kasus itu berawal dari laporan masyarakat yang menyatakan bahwa TS akan melakukan transaksi narkoba yang tidak jauh dari kediamannya.

Petugas lantas menindaklanjutinya dengan melakukan pengintaian dan berhasil mengamankannya saat membawa bungkusan ganja seberat 0,5 Kg yang dibalut dengan kertas koran.

Kepada petugas, tersangka mengakui ganja itu miliknya yang ditanam di ladangnya di desa Tanjung Barus kecamatan Barusjahe. Mendapat informasi itu, Kasat Narkoba Iptu Pierson Ketaren langsung mengintruksikan anggotanya untuk meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kepolisian bersama tersangka langsung menuju ke ladang ganja yang ditanamnya. Dari lokasi, petugas mencabut 78 batang ganja yang ditanam disela-sela jagung. Ganja itu setinggi 83 cm hingga 203 cm.

Selain itu, dari gubuk TS diamankan sebanyak satu goni plastik ganja siap edar seberat 4 Kg, dua bungkus ganja yang dibungkus kertas koran seberat 1 Kg dan tiga amplop bungkus kecil seberat 10 gram.

Pengakuan tersangka, bisnis haram itu dilakoninya karena terpaksa lantaran terhimpit hutang saat isterinya sakit yang berujung dengan kematian istrinya tersebut. Kalau diharapkan dari penghasilan jagung, saya tidak bisa membayar hutang selama ini, akunya.

Kapolres Karo melalui Kasat Narkoba, Iptu Pierson Ketaren, mengatakan, keberhasilan aparat kepolisian mengungkap kasus ini atas informasi dari masyarakat. Pierson tidak memungkiri kalau TS sudah lama menjadi target operasinya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka sudah kita tahan di sel tahanan Mapolres Karo, pungkas Ketaren. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: