Penyelundup minah ditangkap Polres Karo

BARANG BUKTI mobil Suzuki APV BK 1577 MR dan 32 jerigen minah yang diamankan di Mapolres Karo. (KAROPress/Adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Setelah sepekan lalu berhasil lolos menyelundupkan minyak tanah (Minah) dari kabupaten Dairi ke Patumbak, membuat Biler Sitanggang (55), warga desa Barison kecamatan Tiga Lingga kabupaten Dairi, dan Kristina Br Purba (43), warga jalan Pertahanan kecamatan Patumbak kabupaten Deli Serdang, ingin mengulangi perbuatannya.

Keduanya lantas sepakat untuk mengulangi pekerjaan itu untuk yang kedua kalinya. Namun, kali ini perbuatannya terendus aparat kepolisian. Keduanya ditangkap Polres Karo di Jalan Kabanjahe-Merek, persis didepan Rumah Makan Menara saat membawa minah dari Dairi hendak menuju ke Patumbak.

Keduanya ditangkap Selasa (20/4) petang. Seorang tersangka (Biler Sitanggang) mengakuinya. Ratusan liter minah tersebut dibelinya dari seseorang bernama Rasman Sianturi (39), warga Tiga Lingga seharga Rp 4500/liter, ujar Kapolres Karo melalui Kasatreskrim AKP Lukmin Siregar di Kabanjahe, Rabu (21/04/2010).

Lukmin menambahkan, pihaknya telah mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Suzuki APV BK 1577 MR dan 32 jerigen minah. Kedua tersangka kita jerat dengan pasal 55 sub 53 Huruf b dan d, UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Gas dan Minyak Bumi, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun kurungan, katanya.

Dalam aksinya, pelakunya terkesan cukup lihai. Pasalnya, agar tidak terkesan sebagai pelaku pelanggar hukum, kedua tersangka menggunakan satu unit mobil rental jenis Suzuki APV BK1577 MR warna Hitam sebagai pengangkut 32 jerigen yang berisi 900-an liter minah. Selanjutnya minah tersebut, rencananya akan dijual ke Patumbak seharga Rp.5800/liter.

Pengakuan tersangka kepada petugas, untuk memudahkan perbuatannya, keduanya pun membagi tugas. Biler Sitanggang bertindak menangani urusan pembelian, sedangkan urusan penjualan diserahkan kepada Kristina Br Purba.

Kristina Br Purba yang merupakan mantan pemilik sebuah pangkalan minah di Patumbak juga bertugas mengurus pembuangan minah selundupan tersebut kepada pembeli. Dia yang akan menjual disana, karena masih banyak yang minta minyak kepadanya walaupun pangkalannya sudah tutup, ujar Sitanggang.

Ditambahkannya, dari usaha itu, mereka memperoleh untung Rp.1300/liternya, dan mereka menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan itu melanggar hukum. Tapi bagaimana, saat ini cari uang sangat sulit terpaksalah kulakukan pekerjaan ini, kilahnya. (kp/reg)

One Response to Penyelundup minah ditangkap Polres Karo

  1. Hilmy Khoiri says:

    nice info bro..

    ditunggu kunjung baliknya
    http://hilmyinfo.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: