Hasil uji UI akan jadi parameter masyarakat Karo

Kabanjahe (KAROPress)

Sosok Bupati Karo terpilih periode 2010-2015 harus mampu membangun sebuah tata kelola pemerintahan yang baik, menempatkan kepentingan rakyat diatas segalanya dan mampu meredam ambisi pribadi para pengelolanya.

Dilatarbelakangi fenomena terkini, rasionalitas kritisme konstituen telah mati dibunuh kepentingan sesaat, apalagi banyak masyarakat tidak peduli track record atau jejak rekam calon pemimpinnya.

Untuk itu sangat dipentingkan adanya wadah ilmiah yang bisa membedah dan membuka cakrawala berpikir rakyat, ujar Ketua Umum Perkumpulan Independen Pesikap Tanah Karo (PIPTK) Jakarta, Cuaca Bangun, kepada KAROPress di Kabanjahe, Ahad (18/04/2010).

Dikatakan, hal itu penting untuk meretas munculnya tokoh-tokoh imitasi maupun balon dadakan yang seolah-olah mampu dan sanggup menyelesaikan beragam persoalan yang dihadapi rakyat. Agar bisa menjadi parameter masyarakat Karo nantinya, tukasnya.

Saat ini, imbuhnya, yang terjadi difokuskan pada proses demokrasi, tidak pada bagaimana agar demokrasi itu melahirkan pemimpin yang kredibilitas, kapabilitas dan aksebilitasnya teruji, diakui dan mampu menciptakan suatu pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat.

Kita merindukan sosok terpilih menjadi bupati Karo yang tidak terkontaminasi dengan watak penguasa. Tapi menjadi generator mendorong demokrasi transparan, membangun idealisme kuat, membuang oportunistik dan watak borjuis dan mampu merekonstruksi perubahan rill yang dapat dirasakan langsung masyarakat, pungkasnya.

Sebelumnya, seperti diwartakan, PIPTK akan bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Quality Kabanjahe mengadakan uji psikologi bakal calon (balon) bupati Karo. Rencananya, acara ini akan digelar pada 14-15 Mei 2010 di ruang eksekutif kampus Universitas Quality Kabanjahe. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: