Bupati Karo dan bupati Langkat harus duduk satu meja

Bupati Karo, DD Sinulingga, dan Bupati langkat, Ngogesa Sitepu.

Kabanjahe (KAROPress)

Bupati Karo, DD Sinulingga dan Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu, harus segera duduk satu meja untuk membahas soal pembangunan jalan yang menghubungkan Karo-Langkat sepanjang 36 Km yang berbiaya Rp 50 Milyar.

Kedua kepala daerah ini harus secepatnya duduk satu meja dalam mensinergikan percepatan pembangunan jalan itu. Sehingga tahun 2011 dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana transportasi antar kedua daerah, ujar Ketua Komisi A DPRD Karo, Sudarto Sitepu, di Kabanjahe, Jum’at (26/3/2010).

Dikatakannya, saat pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Langkat untuk melihat pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di daerah itu, Rabu (17/3) lalu, bupati Langkat, Ngogesa Sitepu, sangat mendukung rencana pembangunan jalan itu.

Menurut Pak Ngogesa, apabila hal ini terealisasi secepatnya, maka akan mempermudah jalan alternatif Medan-Kabanjahe. Bahkan, jika rencana ini sudah terealisasi, ia sangat berkeinginan untuk membangun objek wisata rohani di jalan lintas itu nantinya, ungkap Sudarto.

Disamping itu, imbuhnya, pembangunan tersebut akan sangat menguntungkan kedua pihak, setidaknya akan mendorong desa yang berada di kawasan itu untuk berangsur lebih maju, mengingat infrastruktur jalan merupakan faktor terpenting untuk menyokong perekonomian masyarakat.

Setidaknya ada 29 desa di kabupaten Langkat yang akan berimbas secara positif, yakni desa Durin Mulo, Beliler, Balai Kasih, Nangka Lima, Raja tengah Hilir, Raja Tengah Hulu, KUD, Simpang Lau Njohong, Simpang Riang-Riang, Simpang Suka Ramai dan desa Tanjung Karo.

Kemudian, desa Grigit, Simpang Lau Gunung, Perpulungen, Manggusta, Gunung Ambat, Kampung Antara, Simpang Kutabuluh, Guru Benua, Deleng Pucuk, Rumah Galoh, Sampe Cita, Penusunen, Simpang Lau Tembo, Garunggang, Lau Ratah, Simpang Dagang, Telagah dan desa Pamah Semelir.

Selain itu, jika proyek ini tercapai, akan memperpendek jarak tempuh Medan-Langkat-Karo. Juga akan menjadi jalur alternatif menuju kota wisata Berastagi jika sepanjang jalan Jamin Ginting, lintas Berastagi-Medan mengalami kemacetan, pungkasnya. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: