Bupati Karo harapkan data penduduk bukan rekayasa

Kabanjahe (KAROPress)

Bupati Karo, DD Sinulingga, mengharapkan semua pihak, baik pemerintah, lembaga swasta maupun masyarakat ikut berperan serta mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) di Kabupaten Karo tahun 2010 pada 1 hingga 31 Mei mendatang.

Mengenai pelaksanaannya, bupati sangat mendukung, tapi jangan direkayasa. Dia menghimbau serta mengharapkan SKPD dan institusi pemerintah lainnya mendukung guna kelancaran dan suksesnya pelaksanaan SP tersebut, ujar bupati melalui Asisten I Pemerintahan, TM. Tarigan, di Kabanjahe, Kamis (11/03/2010).

Dikatakannya, data kependudukan menjadi hal mendasar dalam perencanaan pembangunan daerah dan tujuan utama SP 2010 untuk menghitung jumlah penduduk hingga tingkat daerah administrasi terendah serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan masyarakat Indonesia.

SP tersebut bukan hanya tugas BPS saja,tetapi tugas bersama. Kepada Pemkab Karo yang terkait langsung dengan proses pendataan penduduk dapat berkordinasi secara aktif dengan BPS agar data penduduk benar-benar hasil wawancara yang jujur dan apa adanya, bukan rekayasa, tuturnya.

Sementara itu, kepala BPS Karo, Doni Bukit mengatakan, pelaksanaan SP 2010 tersebut akan melibatkan 916 petugas pencacah yang direkrut dari warga setempat dengan status tenaga kontrak. Dalam pelaksanaannya nanti, setiap tim berjumlah 4 orang untuk mendata 600 KK.

Sebelum terjun, petugas tersebut akan dilatih tentang metode, sistem pendataan dan wawancara dengan warga. Petugas juga dibekali dan dilatih mengenai etika sesuai karakter dan budaya daerah setempat untuk pendekatan dengan penduduk dan lebih memudahkan pencacahan, pungkasnya. (kp/reg)

2 Responses to Bupati Karo harapkan data penduduk bukan rekayasa

  1. Joeangin006 says:

    @Nita Pandia : Sesuai konsep kependuduken sienggo isepakati secara internasional turang kam idata pagi i Jatinangor, sebab kam lanai tading i tanah karo amin gia kam rusur denga mulih. Postingen lengkap tentang SP2010 banci ninndu bas situs enda http://uzairsuhaimi.wordpress.com/ Bujur

  2. nita pandia says:

    mjuah-juah…lit penungkunenku
    adi kami si erlajang i tanah jawa enda, isensus tanah karo nari ntah kos-kosan kami i jenda(bagi aku i jatinangor)??

    bujur

    terus berkarya karo press
    terus melayani warga tanah karo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: