Satu kursi DPRD Karo untuk PKPB

Kabanjahe (KAROPress)

Meski diwarnai protes, KPUD Karo akhirnya menetapkan politisi Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) untuk duduk di kursi kedelapan DPRD Karo dari Dapem II Kabupaten Karo hasil Pileg 2009 lalu.

Keputusan yang dihasilkan dalam rapat pleno KPU Karo, Rabu (10/03/2010), ditetapkan PKPB meraih 1291 suara dari yang sebelumnya 1217 suara atas nama Darta Bangun dengan perolehan suara perorangan 549 suara.

Dalam rapat pleno tersebut, ketua Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan), Ramli Sitepu, sempat memprotes keputusan karena merasa partainya di zalimi. Rapat ini tidak sesuai dengan hasil rapat pleno KPUD Karo perhitungan suara dan penetapan perolehan kursi parpol anggota DPRD di Hotel Green Garden, Berastagi 3 Juli 2009 lalu, ujarnya.

Menurutnya, pada rapat pleno di Berastagi itu, perolehan kursi kedelapan dari 8 kursi yang diperebutkan di Dapem II, partainya memperoleh suara tertinggi dengan 1284 suara. PPRN yang mengajukan permohonan perkara ke Mahkamah Konstitusi meraup 1276 suara. Sementara, PKPB yang tidak mengajukan permohonan MK 1217 suara.

PKPB sendiri tidak terdaftar sebagai pemohon perkara sengketa Pemilu ke MK. Kenapa bisa ditetapkan sebagai partai yang memperoleh kursi kedelapan di Dapem II, tukasnya.

Bahkan, Ramli Sitepu sempat menyebut KPU Karo Mandul karena tidak dapat mempertahankan hasil rapat pleno sebelumnya. Bubarkan saja KPU Karo dan MK saja yang melaksanakan Pemilu di Karo, katanya.

Menanggapi ini, ketua KPUD Karo, Benyamin Pinem mengatakan, jika ada pihak yang keberatan dengan penetapan tersebut dianjurkannya untuk menempuh jalur dan proses hukum yang berlaku. Kami hanya menjalankan perintah undang-undang. Rapat ini dilaksanakan karena keputusan MK, katanya.

Benyamin mengakui, pihaknya sebelumnya telah mengajukan surat keberatan atas keputusan MK tersebut. Pasalnya, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan KPUD Karo, PKPB tidak terdaftar sebagai pemohon perkara sengketa di MK. Namun keberatan itu tidak ditanggapi MK.

Pantauan KAROPress, protes yang diajukan ketua Pakar Pangan tersebut tidak berlangsung lama dan tidak mngganggu jalannya rapat. Selanjutnya, dilakukan pembacaan ketetapan rapat pleno KPUD Karo untuk perolehan suara dan penetapan perolehan kursi ke delapan anggota DPRD Karo dari Dapem II. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: