Harga jeruk Karo mulai merangkak

Beberapa petani Karo sedang memanen buah jeruk di perladangannya. (KAROPress/durianmedan.blogspot.com)

Kabanjahe (KAROPress)

Setelah sempat terpuruk akibat masuknya buah-buahan Cina, harga jeruk asal Karo mulai merangkak naik. Sebelumnya, jeruk Karo jatuh ke harga Rp 1.700 per Kg. Kini, untuk petik di batang sudah berada di kisaran Rp 2.700, – hingga 2.900,- per Kg-nya.

Diperkirakan, harga jeruk Karo akan terus merangkak naik. Sayangnya, kenaikan itu tidak pada panen raya. Harga jeruk terlanjur murah saat berlangsungnya panen raya pada Oktober 2009 hingga awal Februari 2010 lalu, ujar eksportir jeruk asal Karo, Jusup Ginting (50), kepada KAROPress di Kabanjahe, Senin, (08/03/2010).

Menurutnya, turunnya harga jeruk lima bulan terakhir ini disebabkan masuknya buah jeruk asal Cina. Hal ini ditambah lagi banjirnya kawasan Jakarta sekitarnya yang sangat mempengaruhi pemasaran jeruk asal Karo di pulau Jawa.

Selama ini pengiriman jeruk asal Karo lebih banyak dipasarkan ke pasar induk di Jakarta dan Bekasi. Sebagian ke daerah Jawa Barat, khususnya Bandung, ujarnya.

Sementara, terkait kendala yang dihadapi saat ini adalah kendala dalam pengiriman. Angkutan ekspedisi yang tersedia tidak seimbang dengan banyaknya jeruk yang siap untuk dipasarkan. Ekportir kekurangan angkutan. Inilah yang menjadi kendala yang kami hadapi, ungkapnya.

Menanggapi ini, petani jeruk di Karo pun mulai merasa lega. Kenaikan harga jeruk selama sepekan terakhir memang cukup dirasakan oleh pedagang. Lamanya harga jeruk murah membuat kami menderita, anak kami nyaris berhenti sekolah. Jangankan untuk beli pupuk, beli beras saja sudah susah, ujar Br Ginting, salah seorang petani jeruk di Kabanjahe.

Untuk itu, ia mengharapkan, harga jeruk dapat terus merangkak naik. Pasalnya, bila lahan yang sudah ditanami jeruk, sulit dimanfaatkan untuk menanami tanaman lain. Kalau sudah ada tanaman jeruk, hasil tanaman lain tidak bagus, pungkasnya. (kp/reg)

One Response to Harga jeruk Karo mulai merangkak

  1. sodik says:

    bisa minta kontak orang asli karo yang bisa diajak berbisnis?
    saya pemasok buah-buahan didaerah tasikmalaya jawa barat yang terasa dibodohi selayaknya para petani di tanah karo!!!
    mohon bantuannya!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: