Sebelas rumah di Munthe musnah terbakar

PUING : Sejumlah warga tampak meratapi puing kebakaran di Desa Sarimunthe Kecamatan Munthe Kabupaten Karo, Rabu (11/2). (KAROPress/Adhif)

Munthe (KAROPress)

Sebelas rumah warga desa Sarimunthe kecamatan Munthe kabupaten Karo musnah terbakar. Sementara, empat rumah lainnya dirusak untuk mencegah merembesnya kobaran dalam kebakaran yang terjadi, Rabu (11/02/2010).

Informasi dihimpun KAROPress, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 Wib, saat warga tengah bekerja di kebunnya masing-masing dan sebagiannya sedang menghadiri pesta perkawinan di Kabanjahe. Ini menyebabkan sangat sedikit harta benda yang bisa diselamatkan.

Sumber api diduga berawal dari kompor yang meledak dari rumah milik Bardi Peranginangin. Api selanjutnya merambat ke tujuh rumah lainnya yang berjejer. Karena angin yang cukup kencang, tiga rumah yang berada diseberang jalan juga turut dilalap sijago merah.

Sekitar pukul 11.00 Wib tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Karo tiba dilokasi yang berjarak 40 Km dari Kabanjahe itu. Bersama warga, petugas pemadam berhasil menjinakkan api sekitar pukul 12.00 Wib.

Kesebelas rumah tersebut, masing masing milik Sentosa Tarigan (50), Darsono Tarigan (40), Bardi Peranginangin (52), Ngasup Karo-Karo (70) ditempati Sopan Pinem, Leonardus Sembiring (35), Untung Pinem (45) ditempati Ruslan Pinem.

Selanjutnya, Tangsi Ginting (70), Johatta Pinem (42), Nambat beru Ginting (70),dan dua rumah milik Jeremi Ginting yang disewakan kepada Basmi Karo-Karo (45) dan Mimpin Tarigan (46). Sementara rumah yang dirusak milik Pengadilen Ginting, Seter Sembiring, Pangkal Br Pinem dan Reno Peranginangin.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp.450 juta. Untuk sementara, korban ditempatkan di losd desa setempat dan dirumah keluarga terdekat.

Kapolsek Munte AKP E. Laseyang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Lase mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Kobaran api sangat cepat merembes ke bangunan karena saat kejadian angin cukup kencang, ujarnya. (kp/reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: