Sebuah mobil tampak berusaha melintasi bagian jalan yang rusak di Tigabinanga. (KAROPress/Adhif)

Tigabinanga (KAROPress)

Jalan Negara yang menghubungkan Ibukota Kabupaten Karo, Kabanjahe dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) semakin memprihatinkan. Kondisi yang paling parah terlihat di sekitar kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo.

Pantauan KAROPress, di lokasi, pengendara tampak sangat ekstra hati-hati dan terkadang harus berjalan zig-zag untuk menghindai lubang-lubang yang menganga di badan jalan. Hal yang sebenarnya dapat mengancam keselamatan pengguna jalan, terlebih di malam hari.

Apabila hujan turun, jalan ini berubah seperti danau buatan, sehingga sangat merisaukan pengguna jalan. Tidak jarang ditemukan kenderaan yang mengalami kerusakan karena tidak sanggup melewati medan yang cukup parah, ujar Ndua Sebayang (47), seorang supir ekspedisi jeruk antar pulau.

Kerusakan infrastruktur jalan yang merupakan sarana vital penghubung dua provinsi ini, sudah berlangsung cukup lama. Namun sampai saat ini belum dapat diselesaikan dengan tuntas. Kalaupun ada perbaikan hanya sebagian kecil saja.

Badan jalan yang sangat rusak parah, namun belum mendapat sentuhan dari pemerintah. (KAROPress/Adhif)

Kerusakan jalan negara Kabanjahe-Tigabinanga sudah berlangsung cukup lama dan sudah banyak pejabat penting negeri ini melihat keaadaan ini, namun pemerintah kita tidak memperdulikan keluhan rakyatnya, tuturnya.

satu titik yang tampak sangat rusak parah. (KAROPress/Adhif)

Selaku supir yang sering melintasi jalan antar provinsi, Sebayang mengaku satu-satunya jalan negara yang paling parah antara Medan-Jakarta, hanya berada di wilayah Karo. Itu menandakan, pemerintah pusat memandang sebelah mata terhadap daerah ini, tukasnya.

Secara terpisah, Ketua Perkumpulan Independen Pesikap Tanah Karo (PIPTK), Robert Tarigan, sangat menyesalkan sikap pemerintah yang dinilai kurang respek terhadap permasalahan itu. Bisa dikatakan program 100 hari Departemen PU, gagal mengemban amanah rakyat, ujarnya.

Robert mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat resmike Departemen PU pusat pada Desember lalu untuk memperbaiki jalan itu. namun, sampai sekarang,kita belum mendapatkan balasan dari surat tersebut, pungkasnya. (kp/reg)

One Response to

  1. mobil88 says:

    Artikel yang menarik, blog Anda juga bagus…sukses ya 🙂
    http://mobil88.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: