Polsek Barusjahe akan cek lokasi pencurian kayu

Barusjahe (KAROPress)

Kapolsek Barusjahe AKP Indra Sakti berjanji akan segera mengecek lokasi pencurian kayu di desa Sikab Kabung terkait maraknya aksi pencurian kayu di Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo.

Kami akan segera mengecek kebenaran informasi yang diberikan masyarakat mengenai adanya indikasi pencurian kayu di wilayah Kecamatan Barusjahe seperti di Desa Sikab/Kabung yang berbatasan dengan Desa Tanjung Barus, ujar AKP Indra Sakti, Senin (30/11/2009).

Ia menegaskan, bila informasi itu terbukti di lapangan, maka pihak kepolisian sektor Barusjahe akan segera mengusut hingga tuntas aksi pencurian tersebut. Sebab pemanfaatan kayu tanpa izin atau dokumen yang resmi telah melanggar hukum. Apalagi pelaku masih seenaknya memotong kayu, ujarnya.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Karo, Alar Karo-karo mengungkapkan keprihatinannya atas maraknya aksi pencurian. Ia juga mendukung aparat terkait dalam hal ini Polsek Barusjahe untuk segera bertindak.

Hal ini untuk mengantisipasi semakin meluasnya aksi pencurian kayu di sekitar Desa Kabung, Tanjung Barus dan Siberteng. Pihak Polsek Barusjahe memang harus segera mengambil sikap, katanya.

Menurut laporan masyarakat Desa Sikab/Kabung dan Tanjung Barus, kegiatan pencurian kayu di sekitar kawasan itu telah lama berlangsung. Namun, karena warga takut melapor kepada Kehutanan dan Polisi pencurian ini semaikin awet hingga akhirnya disorot media.

Ia berharap kepolisian turun ke TKP dan mengusut tuntas kasus tersebut. Masyarakat tidak ingin mengambil resiko dalam penertiban. Karena itu polisi harus turun ke TKP. Lagipula daerah tersebut termasuk wilayah penyangga air yang cukup besar maka hendaknya dilestarikan bukan dirusak, ujarnya.

Saat iniada sekitar tiga ton kayu tertahan di kawasan hutan Gunung Barus akibat tak punya izin. Hal ini menunjukkan bukti nyata adanya pencurian kayu di Kecamatan Barusjahe. (kpa/bp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: