Kernet “Borneo” curi tape, tertangkap di Kabanjahe

MEDAN – Air susu dibalas dengan air tuba. Itulah pepatah yang cocok diberikan kepada Hondo Sinurat (20). Bagaimana tidak, pria yang selama 2 tahun diberikan pekerjaan sebagai kernet bus Borneo oleh R Ginting (36), malah nekad mencuri tape mobil.

Akibat ulahnya itu, pria yang selama ini tinggal bersama pamannya di kawasan Perumnas Simalingkar diringkus petugas Satuan Reskrim Polsekta Deli Tua, Minggu malam (29/11) sekira pukul 21.30 Wib, di Kabanjahe.

Pengakuan tersangka, dirinya nekad mencuri tape mobil lantaran butuh uang untuk ongkos pulang ke kampung halaman di Desa Parhorboan Siborong-borong Kabupaten Humbang Hasudutan.

Tepatnya, Selasa dinihari lalu (24/11) sekira 01.00 Wib, tersangka mengambil tape mobil yang berada di dalam bus Borneo milik R Ginting. Selama aku tidur di dalam mobil. Karena tape ini gampang diambil, maka kuambil begitu saja, ungkap anak ketiga dari enam bersaudara ini.

Usai mengambil tape, tersangka pun langsung kabur ke Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo. Sesampainya di terminal Kabanjahe, tersangka menemui temannya bermarga Nababan yang berprofesi sebagai supir angkutan kota (angkot) Merga Silima. Berselang beberapa jam kemudian, tersangka berhasil ketemu dengan Nababan. Lalu, tersangka menjual tape hasil curian itu kepada Nababan seharga Rp150 ribu.

Sayangnya, tersangka tidak memperoleh uang saat itu lantaran Nababan tidak membawa uang. Janjinya hari Kamis dia (Nababan,red) mau bayar. Tapi setelah kutunggu-tunggu, Nababan gak pernah ketemu makanya sampai sekarang uangnya gak ada kuterima, kata tersangka.

Belum terima uang, tersangka malah keburu ditangkap petugas. Penangkapan ini berdasarkan pengaduan R Ginting ke Mapolsekta Deli Tua. Dengan menyebutkan ciri-ciri pelaku, petugas langsung memburu keberadaan tersangka.

Minggu (29/11) kemarin, petugas mendapat informasi tersangka kini berada di terminal Kabanjahe. Mendapat informasi tersebut, petugas langsung mengejar tersangka hingga ke Kabanjahe. Hasilnya, sekira pukul 21.30 Wib, petugas Satuan Reskrim Polsekta Deli Tua berhasil bekuk tersangka yang sedang tidur di terminal.

Selanjutnya, tersangka diboyong ke Mapolsekta Deli Tua untuk diproses lebih lanjut. Kapolsekta Deli Tua AKP M Yoris melalui Wakapolsekta Iptu WD Sidabutar, membenarkan hal itu. Dan kini tersangka telah mendekam di sel tahanan Mapolsekta Deli Tua.

‘Tersangka dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan penjara, tegas WD Sidabutar. (wol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: