Bupati Karo serukan gerakan “one man one tree”

Sekdakab Karo menyerahkan bibit pohon kepada Camat Juhar, Rena Sembiring, dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia di Komplek DKR Kabanjahe, Senin (30/11/2009). (KAROPress/adhif)

 

Kabanjahe (KAROPress)

Bupati Karo, DD Sinulingga, menyerukan gerakan one man one tree (satu orang satu pohon) dalam upaya memulihkan kerusakan sumber daya alam dan membangun budaya sadar menanam sebagai prilaku hidup bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang berada di kabupaten Karo.

Menanam pohon bukan gerakan baru bagi masyarakat Karo karena ternyata orang tua kita terdahulu menggunakan pohon dalam menentukan tapal batas tanah untuk menghindari sengketa, ujar bupati melalui Sekdakab, Makmur Ginting, dalam sabutannya pada Hari Menanam Pohon Indonesia di Kabanjahe, Senin (30/11/2009).

Disebutkan, wilayah Karo masih memiliki hutan yang kritis, bukit yang gundul, lahan kosong dan sejumlah tempat publik lainnya yang belum memiliki ruang hijau yang memadai. Dengan semangat nasionalisme, bupati mengajak masyarakat untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Bila rehabilitasi tidak segera dilaksanakan, maka kita akan menuai bencana di kemudian hari. Dan kejadian ini telah dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia, yaitu terjadinya banjir, longsor dan bencana kekeringan yang mengambil kerugian harta, bahkan jiwa, tuturnya.

Bupati menambahkan, satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut dengan melakukan rehabilitasi hutan dan lahan kritis dengan sungguh-sungguh secara berkesinambungan, baik melalui proyek pemerintah maupun partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, bupati menghimbau semua pihak untuk menyukseskan gerakan one man one tree dengan cara meminta seluruh pimpinan SKPD se-kabupaten Karo untuk menyosialisasikan kepada jajarannya agar kegiatan penanaman pohon benar-benar dilaksanakan. Kemudian, melibatkan seluruh BUMN dan BUMD untuk berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon.

Kepada pihak yang telah menanam pohon, agar terus dipelihara dan dijaga. Terakhir, kegiatan penanaman pohon jangan hanya berhenti pada saat acara ini saja, namun terus dilanjutkan pada hari-hari mendatang, pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia, Drs Kawar Sembiring, Msi yang juga Asisten II Pemkab Karo, menyampaikan, bahwa kegiatan pencanangan gerakan menanam satu orang satu pohon tingkat Kabupaten Karo adalah sebanyak 550 orang.

Adapun tujuan pencanangan menanam satu pohon satu orang, untuk menumbuhkembangkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat agar mau menanam pohon serta memeliharanya, mendidik generasi muda agar lebih mencintai serta peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup, berperan aktif dalam rangka pengurangan pemanasan global (global warning), sekaligus menambah estetika lingkungan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (kpa-bu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: