Akhirnya, pelajar SLTA di Karo bisa ikut PMP USU

(usu)

Kabanjahe (KAROPress)

Akhirnya, siswa-siswi yang saat ini tengah berada di bangku SLTA di sejumlah kabupaten yang Pemkabnya, termasuk Karo, bekerjasama dengan universitas di luar Universitas Sumatera (USU) bisa tenang. Pasalnya, Rektor USU sudah meminta maaf terkait pendapatnya yang menyatakan menolak menerima mahasiswa jalur PMP yang pemkabnya bekerjasama dengan universitas diluar USU dalam pengadaan CPNS 2009.

Kabag Humas USU, Bisru Hafi, menyatakan, bahwa Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat dan pelajar SLTA terkait ucapannya berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) yang telah menimbulkan keresahan.

“Mengenai Jalur PMP (Penelusuran Minat dan Prestasi), demi kepentingan umum dan kepentingan siswa SLTA, pada bulan yang baik ini, rektor Universitas Sumatera Utara meminta maaf karena telah menimbulkan keresahan di masyarakat dan pelajar SLTA. Untuk ini kami nyatakan bahwa ‘pemanggilan jalur PMP akan tetap diberlakukan’ bagi anak-anak tersebut,” kata Bisru, Senin (30/1/2009).

Bisru menyebutkan, selain itu, rektor USU juga mengucapkan terima kasih atas kritikan dan saran yang telah disampaikan pihak masyarakat khususnya terkait dengan seleksi penerimaan CPNS.

“Mengenai kritikan agar USU melakukan evaluasi diri dalam peneriman CPNS dan agar hasil seleksi CPNS tersebut murni, pihak USU dengan hati terbuka menerima kritikan tersebut. Sehubungan dengan hal ini mohon kiranya usulan yang disampaikan agar lebih konkrit, sehingga USU dapat mengetahui secara lebih jelas dimana kelemahannya,” ujarnya.

Sebagai contoh, lanjutnya, USU telah pernah bekerjasama dengan Poldasu dalam seleksi Akpol (sewaktu itu Kapolda adalah Kapolri yang sekarang ini). Pada seleksi Akpol tersebut yang lulus ujian di USU sebanyak 13 orang.

Kemudian ke 13 orang ini diseleksi pada tingkat nasional (USU tidak terlibat lagi). Ke 13 orang tersebut semuanya lulus dan yang menjadi juara 1, 2 dan 3 tingkat nasional berasal dari mereka yang lulus dari seleksi USU. Di mana juara 1-nya adalah anak seorang petani dari kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Mengenai seleksi CPNS pada kabupaten/kota di Sumatera Utara, sambung Bisru, USU tidak pernah memaksakan agar pemerintah daerah (Pemda) bekerja sama dengan USU dan USU tidak pernah mencampuri kebijakan Pemko/Pemkab tersebut.

Sebagai informasi, sebelum adanya MoU (Memorandum of Understanding) tentang CPNS ini, USU telah juga menandatangani kerjasama dengan daerah-daerah dalam bentuk Perbantuan USU untuk Pemda.

“Bagi daerah yang bekerjasama dengan USU, naskah kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh rektor Universitas Sumatera Utara. Sedangkan mengenai prosedur kerjasama dengan universitas lain kami tidak mengetahui persis prosedurnya,” tandas Bisru. (kpa/wol)

One Response to Akhirnya, pelajar SLTA di Karo bisa ikut PMP USU

  1. nbasis says:

    Syukurlah USU menyadari kekeliruannya.

    http://nbasis.wordpress.com/2009/11/24/jika-seorang-rektor-marah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: