Aneh, pelamar ujian CPNS di Karo bertambah

Kabanjahe (KAROPress)

Keanehan terjadi pada jumlah peserta yang mengikuti ujian CPNS di Pemkab Karo. Pasalnya, jumlah peserta yang sebelumnya diumumkan sekretaris panitia, Ismail Ginting, berjumlah 3840, bertambah menjadi 3841 orang.

Sebelumnya, Ismail Ginting mengatakan, peserta yang mengikuti ujian CPNS di Pemkab Karo berjumlah 3840 orang dengan rincian pelamar, tenaga teknis 2301 orang, kesehatan 526 orang dan tenaga pendidikan 1013 orang.

Sementara, saat serah terima Lembar Jawaban Komputer (LJK) antara Pemkab Karo dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta digelar, Rabu (25/11), diumumkan bahwa peserta yang melamar berjumlah 3841 orang.

Menanggapi hal ini, anggota panitia pelaksana, Daud Sembiring, mengatakan bahwa pihaknya melakukan kesalahan saat memasukkan data peserta. Kami salah melakukan data entry. Sebenarnya jumlah peserta 3841 orang, kilahnya.

767 pelamar absen

Sementara itu, sekretaris panitia pelaksana, Ismail Ginting mengatakan, dari dari 3841 pelamar yang telah lulus seleksi berkas, sebanyak 767 diantaranya tidak mengikuti ujian CPNS yang digelar Pemkab Karo, hari ini.

Pelamar yang mengikuti ujian sebanyak 1180 orang dari tingkat pendidikan Strata 1 dan 1894 melalui jalur pendidikan D II dan D III. Sementara, untuk pelamar yang absen, 382 orang untuk tingkat pendidikan Strata 1 dan 385 orang dari D II dan D III.

Peserta yang mengikuti ujian tersebut akan memperebutkan 364 CPNS yang diterima Pemkab Karo. Belum diketahui penyebab ketidakhadiran peserta lainnya. Namun, diduga mereka mengikuti ujian CPNS yang diselenggarakan di daerah lain.

Dalam pelaksanaan ujian ini, secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Pemkab Karo menyediakan 15 lokasi ujian yang dibagi menjadi 193 ruangan di sekolah negeri dan swasta yang semuanya berada di seputaran Kecamatan Kabanjahe.

Masing-masing ruangan diawasi dua orang dari unsur PNS, Satpol PP, guru dan personil Polres Karo, ujar Ismail Ginting yang juga Kepala Badan Kepegawaian Administrasi Daerah (BKAD) Pemkab Karo ini.

Pemkab Karo mengadakan perubahan untuk tahun ini. Setelah dua tahun sebelumnya bekerjasama dengan USU, kali ini Pemkab Karo mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia (UI) Jakarta dalam pengadaan CPNS 2009.

Dalam menjalani nota kesepakatan ini, Pemkab Karo mempersiapkan dana sebesar Rp 389.795.000,- termasuk untuk biaya pendaftaran, biaya personil aparat kepolisian, transportasi untuk membawa hasil pemeriksaan hingga pengumuman peserta yang lulus. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: