Baru sepekan, proyek jalan senilai Rp 896 juta rusak

Kondisi jalan Pahlawan Kabanjahe sudah kupak-kapik. Padahal baru diaspal swkitar seminggu yang lalu. (KAROPress/adhif)

Kondisi Jalan Pahlawan Kabanjahe sudah kupak-kapik. Padahal baru dibangun sekitar seminggu yang lalau. (KAROPress/adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Proyek pengaspalan jalan Pahlawan Kabanjahe senilai Rp 896.500.000 yang bersumber dari APBD Karo TA 2009 dengan volume kegiatan 900 m x 5 m yang dikerjakan CV Bakti Permai, Selasa (20/10) lalu, sudah tampak rusak.

Pantauan KAROPress, Kamis (29/10/2009), hotmix jalan sudah tampak terkelupas, tepatnya di depan jalan perumahan Asrama Polres (Aspol) Karo. Kualitas pengerjaan proyek di setiap titik juga tidak sama.

Sepanjang jalan Pahlawan Kabanjahe, Gedung Serba Guna, kantor KPUD Karo hingga simpang enam tugu Piala Adipura, pengerjaan proyek yang dihasilkan berkualitas baik. Sementara, kualitas aspal dari asrama perumahan Polres Karo hingga kantor Departemen Agama (Depag) terkesan asal-asalan.

Volume kegiatan antara kedua lokasi tersebut juga sangat bertolak belakang, seperti lebar pengaspalan, sehingga disinyalir pengerjaan proyek tersebut kurang maksimal.

J Tarigan (40), warga setempat, mengungkapkan, pengerjaan proyek tersebut terkesan dipaksakan. Pasalnya, proyek ini dikerjakan sekitar pukul 22.00 Wib, saat hujan deras turun.

Masa pengerjaan proyek yang berakhir 7 Nopember mendatang, hotmixnya terkelupas. Ini tidak benar. PUD harus segera tingkatkan pengawasan. Bila perlu PUD Karo harus tegas memerintahkan rekanan untuk memperbaiki hotmixnya yang rusak, pintanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PUD Bidang Bina Marga Kabupaten Karo, Bangun Nainggolan, membantah pengerjaan proyek dilakukan saat hujan turun. Ia mengakui, sejumlah titik hotmix ada yang terkelupas.

Itu karena curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Padahal, pengerjaannya dilakukan saat hujan reda. Tidak benar rekanan mengerjakan proyek itu saat hujan turun, dalihnya.

Bangun berjanji, pihaknya akan meminta rekanan untuk memperbaikinya apabila pengerjaan proyek yang dihasilkan tidak maksimal karena kontrak kerja proyek itu masih tersisa sekitar dua minggu lagi.

Kami sedang melakukan survei lapangan agar volume keseluruhannya dapat disesuaikan dengan kontrak kerja. Kemudian, ada volume kegiatan yang harus dipindahkan, katanya. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: