Calon penumpang menumpuk di Terminal Kabanjahe

Kabanjahe (KAROPress)

Ratusan penumpang tujuan Medan menumpuk di Terminal Kabanjahe, Ahad (04/10/2009). Kepadatan penumpang melebihi arus balik Idul Fitri yang lalu. Hingga malam hari, penumpang masih belum juga terangkut.

Penumpukan penumpang terjadi karena pelaksanaan kerja tahun (pesta tahunan-red) yang dilakukan secara serentak di puluhan desa di Karo. Diantaranya, desa Beganding, Lingga, Payung, Selandi, desa Kacaribu dan puluhan desa lainnya.

Amatan KAROPress di Terminal Kabanjahe, dari empat jenis bus resmi jurusan Kabanjahe-Medan, tak ada satupun yang berada dilempat. Apabila, salah satu bus dari Medan sampai, calon penumpang langsung saling berebut masuk untuk mendapatkan tempat duduk.

Hal ini menyebabkan tak butuh waktu lama bagi supir bus untuk berangkat. Bahkan, tak jarang kesempatan ini dimanfaatkan sejumlah calo yang langsung masuk kedalam mobil dan menutup kursi untuk diberikan kepada orang yang memesan kepadanya.

Joni Tarigan (36), salah satu supir bus mengakui, kepadatan ini sudah lazim terjadi di bulan Oktober. Pasalnya, dibulan ini puluhan desa di berbagai kecamatan di Karo secara serentak melakukan pesta tahunan.

Kalau kerja tahun, seluruh sanak saudara, bukan saja dari wilayah Indonesia, tapi dimana pun mereka berada, akan meluangkan diri untuk pulang ke kampung halamannya merayakan acara tersebut, ujarnya.

Kerja Tahun merupakan pesta tahunan yang merupakan budaya suku Karo yang rutin dilakukan setiap tahun. Pesta tahunan ini diadakan sebagai acara syukuran atas hasil panen yang melimpah dan juga diselenggarakan sebagai upaya untuk mengikat tali silaturahmi dengan keluarga yang tinggal berjauhan. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: