Pencitraan balon bupati Karo pendidikan politik bagi rakyat

Ilutrasi (wordpress.com)

Ilutrasi (wordpress.com)

Kabanjahe (KAROPress)

Ketua Umum Perkumpulan Independen Pesikap Tanah Karo (PIPTK), Cuaca Bangun, mengatakan pencitraan balon Bupati Karo harus segera dilakukan setahun sebelum berlangsungnya masa pemilihan.

Itu penting, sebagai pendidikan politik bagi rakyat. Sehingga, masyarakat tahu betul sosok pemimpin yang benar-benar menjadi pilihannya nanti, ujar Cuaca Bangun didampingi penasehat PIPTK, Firman Bangun dan ketua PIPTK Kabupaten Karo, Robert Tarigan kepada KAROPress, Senin (28/09/2009).

Dikatakannya, dilatarbelakangi fenomena terkini, rasionalitas kritisme konstituen telah mati dibunuh kepentingan sesaat. Apalagi, banyak masyarakat yang dinilai tidak peduli terhadap track record calon pemimpinnya.

Cuaca menambahkan, salah satu cara mengatasi hal ini, diperlukan wadah ilmiah yang bisa membedah dan membuka cakrawala berpikir rakyat. Ini dimaksudkan untuk meretas munculnya tokoh-tokoh imitasi, maupun balon dadakan yang seolah-olah mampu dan sanggup menyelesaikan beragam persoalan yang dihadapi rakyat.

Hal inilah yang mendasari PIPTK dengan salah satu programnya, mengadakan debat moral bagi para balon bupati yang dibagi dua tahapan, meliputi test program dan psikotest, ujarnya.

Untuk test program, pihaknya melakukan uji mengidentifikasi masalah-masalah, serta uji program perbaikan yang tepat untuk mengatasi masalah pembangunan secara komprehensif di Karo yang diikuti 10 profesor Karo yang ahli dibidangnya masing-masing.

Sementara, untuk psikotes, akan dilakukan uji kejujuran, uji ketahanan emosi, uji kesetiaan pada janji, uji kerajinan, uji ketekunan bekerja, dan uji kemampuan bermasyarakat. Tes ini akan dilakukan oleh lembaga independen yang kredibilitasnya diakuisecara nasional.

Cuaca mengharapkan, dengan debat moral ini, akan memberikan pencerahan dan pemahaman politik yang mengubah pola-pola kampanye selama ini yang terkesan hanya menunjukkan kesan glamour, seremonial dan pengerahan massa.

Debat moral ini juga akan mengurangi cost politik. Dan juga bisa menjadi parameter atau acuan bagi masyarakat sebelum menentukan pilihannya, katanya. (reg)

2 Responses to Pencitraan balon bupati Karo pendidikan politik bagi rakyat

  1. edgar pratama says:

    sebenarnya syah2 saja apabila ada suatu organiasi lain selain KPUD yang mencoba untuk berkontribusi kepada masyarakat karo dalam melihat calon pimpinan daerah kita nantinya, cmn yang harus di tekan kan disini, kompentensi nya sejauh apa ? kredibiltas- nya bagaimana ? pertanggung jawabannya bagaimana ? kepada bakal calon bupati juga kepada masyarakat, karna tentu saja selain pencitraan, bs juga berdampak kepada hal – hal yang lain baik saat ini atapun kepada saat paska pemilihan nantinya, aku rasa wadah seperti ini blm saat nya di gulirkan pada saat menit2 yang tdk jauh pada masa pemilihan, terkesan organisasi tersebut, yakni PIPTTK hanya bermain pada level
    “tikungan” saja, biar lah para kandidat mensosialisasikan program nya masing2, tampa harus di intervensi scr tdk lgs krn, aku rasa masyarakat karo cukup cerdas dalam meyikapi segala masalah sosial yang ada pada saat ini, apalagi media informasi semakin terbuka. yang di butuhkan masyarakat karo saat ini bukan hanya wacana tetap kepedulian, kesadaran juga pemberdayaan secara bersama-sama, bujur ras mejuah juah kita kerina

  2. gelora ginting says:

    Kalau tidak diharuskan oleh KPUD Karo, apa mau kandidat untuk ikut kegiatan yg sudah disiapkan PIPTK?jangan nanti PIPTK justru jadi suka mengancam kandidat yang mungkin kebetulan salah satu hasil tesnya jelek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: