Kualitas keagamaan ditentukan tingkat pemahaman

Drs Mardinal Tarigan, MA (KAROPress/adhif)

Drs Mardinal Tarigan, MA (KAROPress/adhif)

Kabanjahe (KAROPress)

Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Kabupaten Karo, Mardinal Tarigan, mengatakan kualitas hidup keagamaan seseorang ditentukan oleh tingkat pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

Karenanya perlu pemantapan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan etika, spiritual, dan akhlak mulia, ujar Mardinal saat membuka Sosialisasi Peraturan Bersama Menag dan Mendagri se-Kabupaten Karo di Kabanjahe, Senin (28/09/2009).

Apabila fungsi dan peran agama dapat dimantapkan, imbuhnya, maka akan menjadi kekuatan pendorong dalam mewujudkan Kabupaten Karo yang aman, damai, rukun dan sejahtera.

Lebih lanjut Mardinal mengatakan, kemajemukan di kabupaten Karo identik dengan realitas empirik. Karenanya, semua unsur memiliki keterjalinan satu sama lain yang pada gilirannya memberikan kontribusi bagi daerah itu yang solid kedepan.

Kita jadikan kemajemukan sebagai faktor integratif atau pemersatu yang membawa berkat, bukan laknat, tukasnya.

Selain itu, Mardinal juga menekankan bahwa umat harus memiliki wawasan yang tepat, bahwa kerukunan yang dikembangkan tidak sekedar horizontal atau sekuler, kekinian, stabilitas persatuan dan kesatuan.

Tapi soal vertikal atau transendental, keakanan, teologi dan relasi dengan Allah, katanya.

Kerukunan, imbuhnya, bersumber dari ajaran agama, menolak kerukunan kosmetik, semu dan politik. Sementara, terminologi kerukunan itu meliputi ruang, kerangka, bingkai yang didalamnya seluruh agama di Indonesia bisa bertemu, berinteraksi dan berkontribusi bagi kepentingan masyarakat.

Mari kita jadikan kerukunan bersifat dinamis, autentik dan sejati seperti yang kita dambakan, pintanya diakhir sambutannya. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: