Tersangka perusak kantor BPPMD pertanyakan pelantikannya

Kabanjahe (KAROPress)

Tersangka perusak ruangan BadanPemberdayaan Masyarakatdan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kantor Bupati Karo, Kincar Sinuraya, yang juga kades terpilih desa Gurubenua kecamatan Munthe kabupaten Karo mempertanyakan pelantikannya.

Sejak pembatalan pelantikan yang dilakukan secara sepihak oleh camat Munthe, sampai sekarang belum ada lagi jadwal yang ditetapkan untuk itu, ujar Kincar saat ditemui di ruang lobi kantor Bupati Karo, Jum’at (11/09/2009).

Kincar mengatakan, sesuai undangan yang diterimanya yang ditandatangani Camat Munthe, Demas Ginting, pelantikannya sebagai kades seharusnya diadakan, Rabu (2/9) lalu, di kantor Camat Munthe.

Namun pelantikan tersebut ditunda pelaksanaannya secara sepihak oleh camat tanpa adanya surat penundaan dan alasan yang jelas, ujar Kincar.

Kincar mengaku, akibat penundaan tersebut, emosinya menjadi tak terkontrol yang berujung menyebabkan terjadinya tindakan anarkis perusakan inventaris kantor BPMPD yang berada di Kantor Bupati Karo.

Saat itu, imbuhnya,dalam keadaanemosi , ia berniat ingin menemui camat Munthe yang saat itu tengah berada di kantor BPMPD.Bersamabeberapa rekannya, Kincar mendatangi kantor tersebut dan lantas melakukan pengerusakan terhadap sejumlah inventaris.

Usai melakukan tindakan anarkis tersebut, Kincar bersama rekannya langsung menyerahkan diri ke Mapolres Karo. Pihak PolresTanah Karokemudian mengenakan wajib lapor kepada Kincar.

Camat Munte, Demas Ginting, yang dikonfirmasi mengaku, proses pelantikan kades terpilih Gurubenua, ditunda menunggu proses hukum dan putusan hakim terhadap Kincar Ginting.

Ini dilakukan dilakukan untuk menghormati proses hukum yang sedang ditangani Polres Karo dan menjaga wibawa serta marwah pemerintah. Karena Kades terpilih melakukan pelanggaran hukum dengan melakukan pengerusakan inventaris di kantor pemerintahan, ujar Demas.

Sementara itu, Kepala BPMPD, Salbiah br Ginting, tadi sore, mengatakan, seluruh pelaksanaan pelantikan kades diserahkan sepenuhnya kepada camat Munthe. SK pelantikan telah turun dari Bupati Karo dan diserahkan sepenuhnya kepada camat Munthe untuk acara selanjutnya, tuturnya.

Sementara, terkait adanya laporan dari masyarakat tentang dugaan penyimpangan dalam pemilihan yang dilakukan oleh panitia, Salbiah mengatakan kalau hal itu tidak terbukti. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: