Pemkab Karo tempuh jalur hukum, tiga tersangka ditetapkan

Kabanjahe (KAROPress)

Terkait pengrusakan ruangan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD), kantor Bupati Karo, Rabu (02/09) lalu, Pemkab Karo akan segera menempuh jalur hukum.

Kepada wartawan, Jum’at (04/09/2009), Kabid Informasi dan Publikasi Dinas Infokom Kabupaten Karo, Jonson Tarigan, mengatakan Pemkab Karo melalui BPMPD akan mengadukan aksi anarkis yang dilakukan KS dan rekan-rekannya ke Polres Karo.

Kita akan segera mengadukannya ke Polres Karo, kata Jonson tampa merinci kapan pihaknya akan memberikan pengaduan.

Sementara itu, akibat peristiwa ini, pelantikan Kades Gurubenua yang dimenangkan KS, juga ditunda hingga batas yang tidak ditentukan, menunggu hasil rapat koordinasi BPMPD dan proses hukum.

Batal atau tidak ia menjadi Kades, belum dapat dijawab sekarang,tergantung penilaian tingkat kesalahan yang di perbuatnya, kata Jonson.

Dia menambahkan pihak Pemkab Karo akan segera melakukan rapat koordinasi, guna pembahasan perihal kejadian di BPMPD. Dalam rapat tersebut, juga akan dikaji tingkat kesalahan yang dilakukan KS dan rekan-rekannya tersebut.

Tiga tersangka

Kapolres Karo, AKBP Agus Pranoto melalui Kasat Reskrim, AKP Lukmin Siregar, ketika dihubungi mengatakan, dalam kasus pengerusakan ruang kantor BPMPD Kabupaten Karo, pihak kepolisian telah menetapkan tiga orang tersangka, Kincar Sinuraya (37), Paris Ginting (45) dan Aksi Tarigan (42). Ketiganya dipersalahkan melanggar pasal 170 Subs 406 KUHPidana.

Lukmin menjelaskan, terhadap ketiga tersangka tidak dilakukan penahanan, karena disamping pasal yang menjeratnya dengan ancaman hukuman 2 (dua) tahun 8 (delapan ) bulan, sebagai mana pasal 406 KUHPidana, juga dinilai memiliki cukup etikad baik yaitu datang sendiri menghadap petugas, dan tidak diragukan melarikan diri, sehingga diyakini tidak mempersulit jalannya pemeriksaan jika dibutuhkan pihak kepolisian.

Sejauh ini belum dijelaskan secara pasti apa motif para tersangka sehingga melakukan tindakan anarkis tersebut. Namun menurut informasi yang diperoleh, tersangka Kincar Sinuraya melakukan tindakan tersebut karena merasa tersinggung dan sakit hati atas pengaduan sejumlah warga Desa Gurubenua yang menudingnya melakukan kecurangan dalam Pilkades sehingga menang. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: