Gubsu : Orang puasa sakit, pembohong

 Gubsu, Syamsul Arifin, saat memberikan bigkisan kepada tokoh umat Islam di Kabupaten Karo. (KAROPress/AL Manjorang)

Gubsu, Syamsul Arifin, saat memberikan bigkisan kepada tokoh umat Islam di Kabupaten Karo. (KAROPress/AL Manjorang)

Kabanjahe (KAROPress)

Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, mengatakan tidak mungkin orang menjadi sakit karena melaksanakan ibadah puasa. Sebaliknya, dengan berpuasa, hidup akan menjadi lebih sehat, seperti yang pernah dialaminya.

Orang puasa sakit, pembohong. Kalau ada yang mengaku sakit karena berpuasa, pembohong itu, tukas Gubsu dalam sambutannya pada Safari Ramadhan Pemprovsu di Masjid Agung Kabanjahe, Kamis (27/08/2009).

Kedatangan Gubsu didampingi Ketua MUI Sumut, Abdullah Syah, Ka. Kanwil Depag Sumut, Syariful Mahya Bandar, pejabat teras Eselon II Pemprovsu, beserta pimpinan ormas Islam tingkat Sumatera Utara.

Gubsu mengaku telah mendapatkan hidayah puasa yang nyata pada 12 tahun yang lalu. Saat itu, ia menderita penyakit yang menyebabkan dirinya harus koma selama 48 hari. Penyakit itu dideritanya kala ia menjadi perokok berat dan menghabiskan rokok sebanyak 10-12 bungkus setiap harinya.

Saya dirawat didalam ICU-nya ICU. Sudah di ICU, didalamnya lagi, di Rumah Sakit Glen Eagles Singapura. Di Medan, tidak ada dokter yang berani merawat lagi. Karena, menurut mereka sudah tinggal menunggu jamnya lagi, katanya.

Kemudian, imbuh Syamsul, dokter yang menanganinya di Singapura, yang notabene bukan seorang Muslim bercerita dan menjelaskan kepadanya hikmah puasa. Sejak saat itulah, dengan berpuasa, ia mulai mengurangi dan selanjutnya menghentikan kebiasaan merokoknya.

Paska kejadian itu, Gubsu mengaku lebih sering berpuasa. Bahkan, saat ini, walau menderita hipertensi dan gangguan lambung, Gubsu mengaku menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan puasa, hidup saya menjadi lebih sehat dengan jam kerja yang begitu padat. Walaupun sahur hanya dengan seteguk air putih, ucapnya.

Untuk itulah, Syamsul mengatakan menahan lapar dan dahaga hanya bagian dasar dari berpuasa. Dengan menahan nafsu dan keinginan, seseorang akan mendapatkan hidayah puasa yang lebih baik.

Dalam Safari Ramadhan tersebut, Gubsu memberikan bantuan Rp 93,5 juta untuk rehabilitasi bangunan enam Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) dan bingkisan kepada 10 tokoh umat Islam di Kabupaten Karo.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Karo, Daulat Daniel Sinulingga didampingi unsur Muspida, Ka. Kandepag Karo, Mardinal Tarigan, Ketua MUI Karo, Adnan Effendi Zainuddin, dan sejumlah tokoh dan pimpinan ormas Islam di Kabupaten Karo. (reg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: