Koalisi Karo Bersatu usung Ramli Sitepu SH dan Hendri Pelita Pelawi

Kabanjahe (KAROPress)

Eskalasi politik di Karo nampaknya semakin hangat menjadi pembicaraan berbagai elemen masyarakat, walau pemilihan Bupati Karo masih akan berlangsung ahir tahun 2010. Namun, sudah banyak bakal calon bermunculan menyatakan keinginannya maju dalam Pilkada Karo.

“Koalisi Karo Bersatu yang tergabung dalam sembilan partai politik menyatakan kesepakatan bersama akan mengusung Ramli Sitepu SH dan Wakilnya Hendri Pelita Pelawi STh menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karo Karo periode 2010-1015.

Kesembilan parpol diwakili ketua dan sekretaris sudah menandatangani kesepakatan ini pada 31 Juli 2009 lalu di Kabanjahe, ujar juru bicara sembilan parta politik Koalisi Karo Bersatu, Sarijon Bako SP yang juga Caleg terpilih DPRD Karo dari PDS (Partai Damai Sejahtera) periode 2009-2014 didampingi Ketua Partai Persatuan Daerah (PPD) Kabupaten Karo, Jemat Sebayang, dan Ketua PKDI Karo, Roni Barus, kepada wartawan di Kabanjahe, Rabu (21/8) petang.

Sarijon Bako mengatakan, kesembilan parpol tersebut, masing-masing Pakar Pangan, Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Gerindra, Partai PNBK, Partai PDP, Partai PKDI, Partai PPD, Partai Buruh dan Partai Pemuda.

Sesuai dengan amanah UU RI No 32 Tahun 2004 tentang Pilkada pada bab V pasal 36 ayat (2), menurut mereka, bahwasanya partai politik atau gabungan partai politik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mendaftarkan pasangan calon apabila memenuhi persyaratan perolehan sekurang-kurangnya 15 persen dari jumlah kursi DPRD atau 15 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan anggota DPRD di daerah yang bersangkutan.

15 persen dari 161 ribu total suara sah Pileg tingkat Kabupaten Karo, minimal 24 ribu suara. Sementara, Koalisi Karo Bersatu meraih 25 ribu suara. Jadi, kita dapat mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Karo, ujarnya seraya menambahkan diantara parpol peserta koalisi tersebut, Partai Gerindra dan PDS masing-masing memiliki satu legislator di DPRD Karo.

Menurutnya, adapun yang melatarbelakangi ke-9 parpol mengusung bakal calon Ramli Sitepu dan Hendri Pelita Pelawi sebagai Bupati dan wakil Bupati Karo 2010-2015 mendatang karena partai koalisi sudah mengadakan penjaringan ke tingkat grass root ke-9 parpol siapa yang tepat akan diusung dari masing-masing Ketua dan Sekretaris parpol.

Ramli Sitepu sudah pernah menjabat sebagai anggota DPRD Karo periode 2004-2009 dan juga Ketua Partai Pakar Pangan Kabupaten Karo tentu telah berpengalaman dalam hal managemen pemerintahan. Sementara sosok Hendri Pelita Pelawi sosok yang muda dan juga Ketua PDS Kabupaten Karo tentu sangat tepat mendampingi Ramli Sitepu. Jadi pasangan ke duanya komplit disamping enerjik dan progresif, ungkapnya.

Disinggung apakah koalisi partai politik itu tetap akan mengusung calonnya yang akan maju dan tidak akan berubah sampai pendaftaran secara resmi dubuka oleh KPUD nantinya, Sarijon Bako mengakui dalam ilmu politik apapun bisa saja terjadi dan itu hal yang wajar dan dinamis. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan peta politik di Tanah Karo jelang suksesi Bupati Karo, eskalasinya semakin meninggi. Namun sampai saat ini kita konsisten mengusung balon Bupati Karo Ramli Sitepu, SH dan balon Wakil Bupati Hendra Pelita Pelawi.

Lebih lanjut dikatakan, ke-9 partai politik bersatu itu dalam waktu dekat ini akan menjumpai Ketua Umum DPP partai masing-masing untuk meminta rekomendasi untuk mendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Karo yang akan diusung.

Ramli Sitepu yang juga Ketua Partai Pakar Pangan dan Hendri Pelita Pelawi Ketua PDS Karo yang dihubungi melalui telepon selulernya secara terpisah mengakui 9 partai politik sepakat bahwa mereka mengusungnya untuk maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karo mendatang. Kesepakatan itu sebenarnya sangat berat, namun amanah dan kepercayaan yang diberikan koalisi 9 parpol akan kami perjuangkan demi peningkatan kesejahteraan petani Karo nantinya, yang belakangan ini semakin terpuruk, beber Sitepu yang selama bertugas menjadi anggota DPRD Karo dikenal vokal mengkritisi secara konstruktif kebijakan Pemkab Karo itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: