Dewan Pengupahan berperan penting menentukan UMP dan UMK

Kadisnakertrans_karo-pressBerastagi (KAROpress)

Dewan Pengupahan memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan besarnya Upah Minimum Propinsi (UMP) dan Upah Minimum Kota (UMK) yang akan diterima oleh pekerja sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Peran Dewan Pengupahan sangat signifikan saat berada dalam pembahasan dan pengusulan UMP dan UMK, ujar KepalaDinas Tenaga Kerjadan Transmigrasi (Kadisnakertrans)Sumatera UtaraRapotan Tambunan saat membuka Pembinaan dan Pemberdayaan Dewan Pengupahan Kabupaten-Kota Se-Sumut di Berastagi, Selasa (14/07/2009) malam.

Menurutnya, didalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja ke arah pencapaian kebutuhan hidup layak.

Untuk melaksanakan kewajiban tersebut, upaya yang akan dilakukan dengan penetapan upah minimum propinsi dan kabupaten sebagai jaring pengaman agar upah pekerja tidak berada pada level rendah yang merugikan pekerja, katanya.

Pada hukum permintaan dan penawaran(supply and demand), saat ini jumlah pencari kerja dan pekerja level bawah dalam hubungan kerja, jauh lebih tinggi dari lowongan pekerjaan yang tersedia. Umumnya diikuti dengan rendahnya tawaran pengusaha terhadap upah pekerja.

Selain itu, Rapotan menambahkan pekerja selalu berada dalam posisi lemah sehingga masih banyak pekerja yang telah mempunyai masa kerja lebih dari setahun tetapi tidak menerima upah sebesar UMP/UMK.

Itulah sebabnya tugas Dewan Pengupahan pada dasarnya sangat mulia karena ikut berperan dalam kebijakan penetapan upah pekerja dan buruh walaupun dengan biaya operasional yang kurang memadai dari pemerintah, tukasnya. (reg)

3 Responses to Dewan Pengupahan berperan penting menentukan UMP dan UMK

  1. wawa says:

    gak bisa maju negara ini

  2. Anonymous says:

    memang negaraini gak bisa maju.

  3. jones says:

    biar umk 5000000 tapi perusahaan menggaji kurang dr itu tdk di tindak tegas tetap aja pekerja gigit jari bos…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: